ikut bergabung

Pemuda Kamara Gelar Festival Apang

Sulsel

Pemuda Kamara Gelar Festival Apang

BARRU, UJUNGJARI.COM — Festival Apang merupakan agenda pertama kali digelar di Kabupaten Barru. Makanan khas Bugis ini kembali dipopulerkan Pemuda Kamara, Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, melalui ajang bertajuk festival apang di bulan Ramadan 1440 Hijriyah ini.

Festival Apang berakhir Senin (20/5) malam di Masjid Babul Falah Kampung Kamara.

Koordinator festival apang, Asriadi Rijal mengatakan, dalam kegiatan ini bukan hanya fokus dengan kue panganan apang. Sejumlah kegiatan lomba budaya keagamaan juga dikemas dalam festival tersebut.

Diantara jenis lomba itu, ada qasidah, tilawah, lomba baca puisi bugis dan lomba khutbah.

Selain itu ada juga lomba adzan, lomba fashion show, lomba hias apang, lomba makan apang.

“Festival ini sudah digelar selama 4 hari, mulai hari ke-12 Ramadan atau 17 – 20 Mei 2019,” ujar Asriadi.

Tokoh pemuda Kamara ini menjelaskan, festival ini bertujuan untuk menjaga tradisi manre (makan) apang di kampung Kamara yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Tentu sebagai pemuda harus menunjukkan upaya pelestarian terhadap kue khas ini. Makanya pemuda Kamara bekerja sama komunitas Bymco Barru menggelar event festival apang Kampoeng Kamara ini.

Kegiatan kami berlangsung sangat meriah karena dalam festival ini dilakukan kolaborasi antara budaya dengan syiar agama.

Asriadi yang juga Jurnalis ini berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga festival apang Kampoeng Kamara tersebut berlangsung dengan sukses. (udi)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top