ikut bergabung

Festival Bedug Gowa Usai, IRMB Batang Maros Juara 1 Bawa Pulang Rp30 Juta

Sulsel

Festival Bedug Gowa Usai, IRMB Batang Maros Juara 1 Bawa Pulang Rp30 Juta

GOWA, UJUNGJARI — Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis menutup secara resmi Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 yang digelar Pemkab Gowa selama lima hari ini.

Penutupan festival yang diikuti tiga kategori peserta itu berlangsung di pelataran kantor Bupati Gowa, Minggu (26/5/2019) malam tadi.

Kegiatan yang dimotori Dinas Sosial Kabupaten Gowa ini telah berlangsung selama delapan tahun berturut-turut dengan jumlah peserta yang makin meningkat. Untuk festival bedug kali ini diikuti 68 peserta yang berasal dari beberapa kabupaten/kota se Sulsel.

Sekkab Gowa Muchlis dalam sambutannya saat menutup rangkaian festival ini mengatakan bahwa festival bedug yang dilaksanakan selama empat malam tersebut merupakan apresiasi kita sebagai umat Islam terhadap pentingnya penghayatan terhadap nilai – nilai seni Islam. Disamping itu untuk meningkatkan nilai -nilai keimanan dan ketaqwaan yang dimiliki.

“Jadi kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemkab Gowa sebagai wujud dalam memberikan dorongan dan spirit kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan nilai keimanan dan ketaqwaannya melalui kreasi seni religius,” jelas sekkab.

Dikatakannya, perkembangan masyarakat dewasa ini semakin kuat dengan adanya pengaruh globalisasi di setiap sektor kehidupan. Kondisi inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi generasi kita.

“Jika perkembangan dan perubahan tidak dibentengi agama yang kokoh bagi anak-anak dan generasi kita, maka tentunya akan dapat menjadikan perjalanan generasi mudah diombang-ambing oleh zaman modern,” kata Sekkab Gowa.

Muchlis juga mengatakan bahwa kegiatan ini seharusnya dijadikan sebagai media saling bersilaturahmi dan berkompetisi secara sehat untuk menjadikan nilai keimanan kita semakin kuat Kepada Allah SWT.

“Saya mengajak kita semua untuk tetap menjaga nilai-nilai kebersamaan dengan mempertahankan suasana yang kondusif selerti saat ini sehingga momentum ramadhan dapat menjadi wahana ukhuwah yang kokoh serta memberi pemahaman betapa pentingnya menjaga kedamaian diantara sesama,” ujarnya.

Dirinya pun berharap kegiatan ini mampu terus dilestarikan kepada generasi selan jutnya, jika perlu tahun depan pihaknya akan membuat tim kreatif untuk membuat video kegiatan festival bedug dan di share ke Youtube, sehingga kegiatan tersebut mampu dikenal di seantero dunia.

Kadis Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin Bidol mengapresiasi keikutsertaan seluruh peserta di Kegiatan ini.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi terkhusus kepada dewan juri yang memberikan penilaian secara objektif sehingga penyelenggaraan festival bedug dan takbiran tahun ini dapat berjalan lancar dan sukses,” kata Syamsuddin.

Dalam festival bedug dan takbiran tiga kategori peserta ini masing-masing pemenangnya adalah untuk kategori Profesional dijuarai oleh Sanggar Seni IRMB Batang Asal Kabupaten Maros. Sanggar IRMB ini membawa pulang uang senilai Rp 30 juta serta tropy.

Untuk kategori Pemula diraih RT Komunity Desa Gentungan Bajeng Barat dengan hadiah berupa uang sebesar Rp 20 juta dan tropy. Sementara untuk kategori SKPD lingkup Pemkab Gowa meraih juara 1 adalah utusan Dinas Perhubungan Gowa dan berhasil membawa pulang satu unit motor. (saribulan)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top