ikut bergabung

Jelang Lebaran, Damkar Gowa Ingatkan Warga 6 Waspada

Sulsel

Jelang Lebaran, Damkar Gowa Ingatkan Warga 6 Waspada

GOWA, UJUNGJARI.COM —
Sehubungan dengan libur panjang menjelang dan sesudah Idul Fitri 1440 Hijriah, pihak Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa mengeluarkan imbauan agar warga tetap mengedepankan kewaspadaannya terhadap bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Kadis Damkar Gowa Rostam Razak kepada ujungjari.com, Kamis (30/5/2019) sore mengatakan agar para warga yang ada di wilayah Gowa khususnya yang akan meninggalkan rumahnya untuk mudik lebaran untuk tetap waspada akan kebakaran.

“Diimbau agar para warga baik yang tidak mudik terlebih yang akan mudik dan meninggalkan rumahnya berhari-hari ke depan agar memastikan selalu sadar akan bahaya kebakaran. Bisa melalui kompor dan tabung gas, arus listrik, media charger HP, obat nyamuk hingga lilin. Juga diimbau bagi yang meninggalkan rumahnya selama mudik atau warga yang meninggallan rumahnya saat bepergian shalat tarwih maupun shalat Idul Fitri nanti untuk tetap memperhatikan kondisi-kondisi riskan tersebut,” kata Kadis Damkar Gowa.

Hal senada dikatakan Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Mustamin Raga. Mustamin bahkan menyampaikan 6 poin waspada untuk dipedomani masyarakat.

Mustamin menguraikan, pertama adalah memastikan bahwa seluruh peralatan yang menggunakan tenaga listrik sudah dalam keadaan OFF (mati) sebelum meninggalkan rumah, sebab 73 persen penyebab kebakaran di Kabupaten Gowa disebabkan oleh listrik,

Kedua, memastikan peralatan dapur terutama kompor gas dan tabung gas dalam keadaan tertutup atau tidak terhubung atau tidak dalam keadaan bocor.

Tiga, Memastikan bahwa bahan-bahan yang mudah terbakar dalam rumah seperti bensin dan bahan bakar lainnya sudah diamankan sebelum meninggalkan rumah.

Kemudian bagi yang tinggal dalam Kompleks Perumahan agar melaporkan kepergiannya kepada petugas keamanan setempat (Satpam, jika ada) atau tetangga agar rumah anda tetap terjaga/terawasi.

Bagi perusahaan industri, pabrik dan kegiatan usaha pengolahan skala besar yang ada di Kabupaten Giwa, agar dapat mengatur dan mensiagakan petugas keselamatan kebakarannya masing-masing untuk tetap bertugas selama libur secara bergiliran dan selalu berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa di Hotline 0411-861 036 (online 24 jam).

Senantiasa selalu berdoa agar rumah, kantor dan seluruh wilayah Kabupaten Gowa terhindar dari bahaya Kebakaran.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka kami berharap warga dapat mempedomani keenam poin waspada di atas. Selamat mudik dan selamat Hari Raya Idul Fitri,” kata Mustamin. (saribulan)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top