ikut bergabung

Juara Satu Lomba Toga Tingkat Provinsi, Desa Tamaona Target ke Nasional

Sulsel

Juara Satu Lomba Toga Tingkat Provinsi, Desa Tamaona Target ke Nasional

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Pada lomba tanaman obat keluarga (Toga) tingkat Provinsi, Desa Tamaona Kecamatan Kindang Bulukumba SulSel meraih juara satu.

Setelah melalui banyak tahapan penilaian dari Tim Ketahanan Pangan Provinsi, Pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) Desa Tamaona dinilai mampu merubah pekarangan warga menjadi lahan produktif tanaman obat tradisional.

Menurut Ketua PKK Hartatia Cia mengatakan, keberhasilan meraih juara satu lomba Toga Tingkat Provinsi tak lepas dari kerja teman teman dari kelompok dan warga.

“Setelah dapat juara tingkat provinsi, Hartatia kini mempersiapkan diri untuk ikut lomba tingkat nasional,” ungkapnya, Sabtu (10/8/2019).

Selain itu, kata Hartati, faktor penilaian tambahan tim penilai, PKK Tamaona bisa sabet juara satu Toga, yakni tanaman jahe di jadikan produk perman jahe, ekstra jahe dan jahe kopi serta dari tanaman buah Pepaya di jadikan gula gula dan kerupuk.

Sementata itu, Muh Jufri Taming pengelola Batra pembina pengobatan tradisional menjelaskan, kelompok
taman obat kelurga (Toga) campaga
(cerdas mengunakan pengobatan tradisional) 4 Bulan di bina bisa raih juara satu.

“Pembinaan kelompok asuhan mandiri ini di bentuk dan dipilih di desa tamaona, karena mengingat jauhnya faskes TK pertama sehingga ketika masyarakat atau warga yang sakit bisa berobat dengan tanaman yang ada disekitar rumah.

“Selain efektif murah dan terjangkau dengan obat tradisional juga efek samping yang kurang dari obat kompensional atau obat kimia dari dokter,” jelasnya

Bahkan menurutnya, program Toga ini disambut baik warga tamaona dan mereka antusias, sehingga memudahkan dalam pembinaa dan mampu menyambet juara 1 FKTP terpencil.

“Kelompok Toga Campaga ini baru pertama kali mendapat juara 1 sebelumnya hanya juara 2, namun berkat doa dan kerja sama akhirnya Toga binaan PKM borong rappoa bersiap untuk diajang Nasional,” tutupnya.(min)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top