ikut bergabung

10 UKM Andalan Biringkanaya Optimis Juara Tingkat Kota Makassar

Makassar

10 UKM Andalan Biringkanaya Optimis Juara Tingkat Kota Makassar

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Tim penilai lomba UKM Tingkat Kota Makassar, mengunjungi UKM lorong di Kecamatan Biringkanaya, Makassar, yang dipusatkan di RW 03 kelurahan Pai, Rabu (14/8/2019).

Kehadiran tim penilai dari akademisi UNHAS itu, disambut hangat dan antusias Ketua TP PKK Kecamatan Biringkanaya, Siti Syahriati, M.HUM dan sejumlah pengelola UKM se kecamatan Biringkanaya.

Mereka yang tergabung dalam tim penilai masing-masing adalah Tedo Hedretno.SE, MM, Ir Andi Junaefa, Tri Jaya Perkasa dan Dr Aspianoor.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 UKM andalan dari 11 kelurahan, kecamatan Biringkanaya. Pada kegiatan itu, setiap peserta membawa dan memamerkan hasil UKM unggulannya dari masing-masing wilayah (Kelurahan).

Ketua TP PKK Kecamatan Biringkanaya, Siti Syahriati, M.HUM mengatakan, lomba UKM lorong tingkat Kota Makassar ini diikuti oleh 15 kecamatan. Kecamatan Biringkanaya sendiri mengutus 10 UKM yang tersebar di 11 kelurahan.

UKM yang kami ikutkan lomba ini, lanjut Syahriati, merupakan UKM andalan kami di Biringkanaya, dimana mereka semua sudah berpengalaman. Bahkan sudah ada yang ikut lomba tingkat Nasional.

“Sepuluh UKM yang kami ikutkan adalah UKM Budi Daya Ikan Lele, pengrajin Enceng Gondok, Kacang Telur, Daur Ulang Sampah, pengrajin Tas, Rotan, Bawang Goreng, dan Tenun Ikat,” kata Dosen salah satu pergutan tinggi di Makassar ini.

Dikatakan Syahriati, 10 UKM yang kami ikutkan lomba, adalah mereka yang sudah malang melintang ke beberapa propinsi di Indonesia. Bahkan sudah ada yang memiliki omset ratusan juta per bulan.

Budi Daya Ikan Lele misalnya, UKM dari kelurahan Pai itu, memiliki omset Rp200 sampai Rp250 juta per tiga bulan. Mereka memiliki banyak orderan dari Makassar, Toraja, dan beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Begitupula dengan pengrajin Enceng Gondok, produk-produk mereka itu banyak diminati oleh Hotel-hotel di Makassar.

“Hotel The Rinra saja, setiap bulan pesan 1000 pasang sendal. Belum lagi pesanan yang lain, ya mereka itu bisa capai omset Rp70 sampai Rp80 juta per bulan. Lumayan kan,” ucap Isteri Camat Biringkanaya ini.

“InsyaAllah kami bisa yang terbaik dan keluara sebagai juara satu lomba UKM lorong tingkat Kota Makassar tahun ini,” pungkasnya. (drw)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Berita lainnya Makassar

To Top