ikut bergabung

Banyak Aplikasi Web Pemkab Gowa Berisiko Dihack, BSSN Asistensi Pembentukan CSIRT

Berita

Banyak Aplikasi Web Pemkab Gowa Berisiko Dihack, BSSN Asistensi Pembentukan CSIRT

 

GOWA, UJUNGJARI– Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) selama dua hari yakni 13 -14 Agustus berada di Gowa. Dalam dua hari itu, BSSN melakukan asistensi gelombang kedua pembentukan Computer Security Incident Response Team atau lazim disebut CSIRT yang dipusatkan di kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Gowa.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 12 OPD dalam lingkup Pemkab Gowa serta staf IT Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Gowa.

Asistensi gelombang kedua ini diikuti 18 provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. Namun untuk wilayah Sulawesi Selatan hanya dilakukan di Kabupaten Gowa.

Dalam kegiatan CSIRT yang dipimpin Marcelina Tri Nasiti Widayatmi selaku Kepala Subdirektorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Pusat bersama Arif Fachru Rozi seorang Sandiman Muda, Desi Wulandari sebagai Sandiman Pertama, menemukan banyak kelemahan atau bug pada banyak aplikasi yang berbasis Website dalam lingkup Pemkab Gowa, sehingga dengan gampangnya dihack dari luar.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan, memang banyak kelemahan yang harus diperbaiki kembali, sekaligus bagaimana melakukan penanganan pada setiap insiden siber,” kata Marcelina.

Karena itu, kata Marcelina, dengan adanya CSIRT diharapkan tim ini akan mampu merespon dengan cepat insiden siber yang terjadi pada internal instansi pemetintah kabupaten secara cepat, efisien dan efektif.

“Dengan adanya CSIRT maka setiap insiden siber dapat tertangani dengan cepat, sehingga dapat meminimalisasi dampak yang ditimbulkannya,” jelasnya.

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Gowa Arifuddin Saeni didampingi Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Andi Chaeriah mengatakan, asistensi yang dilakukan BSSN Pusat menunjukan jika isiden siber dalam lingkup pemerintah kabupaten di era digital ini, perlu dilakukan penanganan secara mandiri dan cepat, sehingga setiap serangan dari luar dapat diatasi. (saribulan)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Berita

To Top