ikut bergabung

Pastikan Bebas Penyakit Mematikan, 338 Penghuni Rutan Sidrap di Tes HIV/AIDS

Sulsel

Pastikan Bebas Penyakit Mematikan, 338 Penghuni Rutan Sidrap di Tes HIV/AIDS

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Memastikan tidak adanya penyakit yang menjangkiti kesehatan para Narapidana (Napi). Ratusan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Sidrap menjalani pemeriksaan HIV/AIDS, Senin, (2/12/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Konselor VCT HIV Indonesia (PKVHI) Sidrap itu merupakan rangkaian peringatan Hari Aids Sedunia yang selalu diperingati setiap 1 Desember.

Kepala Rutan Klas IIB Sidrap, Mansur mengatakan, sedikitnya ada 135 orang dari 338 narapidana (Napi) yang diambil sample pemeriksaan HIV/AIDS.

“Pemeriksaan ini dirangkaikan dengan sosialisasi penyakit HIV/AIDS kepada seluruh warga binaan,” katanya.

Kegiatan itu diharapkan agar warga binaan bisa mendapat pengetahuan tentang penyakit HIV/AIDS. Kemudian bagaimana caranya supaya tidak tertular penyakit ini.

“Yang terpenting adalah warga binaan juga bisa menjadi media informasi tentang hal itu, khususnya dilingkungannya supaya tidak tertular dengan penyakit ini,” tandasnya.

Sementara Kabid Resos Disosdukcapil Sidrap, Nurhidaya mengatakan, dari ratusan napi yang diperiksa, tidak satupun yang terdeteksi terkena penyakit tersebut.

“Alhamdulillah, dari hasil pemeriksaan tidak ada terkena penyakit ini. Untuk itu, kita berharap agar selalu menghindari perilaku berisiko HIV/AIDS,” singkatnya. (Sabir)

Komentar Anda

Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top