ikut bergabung

Kembangkan Potensi Ternak di Enrekang, Kementan RI Siap Bantu Pengadaan Sapi

Sulsel

Kembangkan Potensi Ternak di Enrekang, Kementan RI Siap Bantu Pengadaan Sapi

ENREKANG, UJUNGJARI.COM — Bupati H. Muslimin Bando berkomitmen akan mengantar Kabupaten Enrekang menuju Swasembada daging dan susu segar sebelum akhir masa periode keduanya tersebut.

Saat ini, Kabupaten Enrekang membutuhkan 40 ribu ekor sapi untuk mewujudkan impian itu.

Hal tersebut, di utarakan H. Muslimin Bando saat panen pawang merah bersama Direktorat Jendral Hortikultura di Desa Pekalobean, Kecamatan Anggeraja-Enrekang, Rabu (12/2/2020) kemarin.

Menurutnya, pihaknya sudah menyiapkan lokasi seluas 20 hektare di Matajang, Kecamatan Maiwa-Enrekang yang bisa menampung 40 ribu-50 ribu ekora sapi.

“Pak Direktorat Jendral Hortikultura kami butuh sapi 40 ribu ekor. Lahannya suda ada seluas 20 hektare di Matajang,” kata Muslimin Bando.

Ia mengatakan, rencana sapi-sapi tersebut nantinya akan dibagikan kepada masing-masing masyarakat setempat untuk di pelihara, bukan untuk di kumpul didinas peternakan.

“Sapi itu nantinya kita bagikan kepada masyarakat,”ujar Muslimin Bando.

Pada kesempatan yang sama,Direktur Perlindungan Hortikultura Kementan RI,Sri Wijayanti Yusuf menyambut dengan baik program yang usulakan pemkab Enrekang.

“Usulan-usulan pemkab Enrekang kami sudah catat dan akan kami sampaikan ke Dirjen.Insya Allah apa yang butuhkan Enrekang bisa dipenuhi walaupun mungkin bukan 100 persen. Kita upayakan permintaan pemkab Enrekang karena pak Menteri (SYL) sangat paham kondisi pertanian di sisni (Enrekang),” jelas Sri Wijayanti di sambut aplos para hadirin.

Terpisah, Staf ahli Kementan RI, Andi Lutfi mengatakan pihaknya siap memfasilitasi untuk memenuhi beberapa kebutuhan para petani di Enrekang, termasuk bibit bawang merah, Embung-embung dan alsintan (alat pertanian).

Ia memerintahkan kepada wakil bupati Enrekang, Asman SE ke Kantor Kementan RI membawa proposal bantun-bantuan yang dibutuhkan petani Enrekang.

“Apa yang usulkan pemerintah daerah (Enrekang) kita akan bahas di Kementan. Insyaallah, kita akan rapat dulu sambil menunggu proposalnya,”ujar Andi Lufi.

Sementara itu, Wakil bupati Enrekang, Asman SE tak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia langsung terbang ke Jakarta, Kamis (13/2/2020) sore untuk membawa proposal tersebut sesuai dengan perintah Kementan.

“Insya Allah ini hari (Kamis 13 Februari) saya ke Jakarta bawa proposal itu,”singkat Asman kepada media ini,Kamis (13/2/2020). (Suka)

Komentar Anda

Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top