ikut bergabung

Dua Warga Sulsel Positif Covid-19, Satu Meninggal Dunia

Berita

Dua Warga Sulsel Positif Covid-19, Satu Meninggal Dunia

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Warga Sulawesi Selatan harus memperketat pengawasan diri, wabah virus Corona atau covid-19 telah masuk di Sulsel. Hal itu disampaikan langsung oleh juru bicara pemerintah soal penanganan Corona Ahmad Yurianto, Kamis (19/3/2020).

Ia menjelaskan, secara keseluruhan,  jumlah kasus positif corona di Indonesia sudah mencapai 309 orang. Rinciannya ialah, satu di Provinsi Bali, tidak ada penambahan kasus sehihngga tetap satu orang. Banten, ada penambahan kasus sebanyak 10 orang jadi total 27 orang.

DIY ditambah 2 orang, total 5 orang. DKI Jakarta 52 orang, total 210 orang, Jabar tambah kasus 2 orang total 26 orang.

Selanjutnya Jawa Tengah 12 orang, Jawa Timur total kasus 9 orang. Kaltim 3 kasus, di Riau total 3 orang, Sulut tetap 1, Sumut menjadi 2, Sulteng 3 kasus baru, Sulsel 2 kasus baru, Lampung tetap 1, Riau jumlahnya 2 orang.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah juga membenarkan hal tersebut. Sebanyak 17 orang yang telah diperiksa dan dikirm sampelnya ke Litbangkes.

Dari 17 tersebut 6 orang telah dipulangkan dan negatif. 2 telah dinyatakan positif dan 9 masih  menunggu hasil.

Dua warga yang positif tersebut dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo, dengan nomor pasien 285 dan 286. Pasien 285 dijelalaskan Nurdin Abdullah memiliki riwayat perjalanan umrah, sepulang dari umrah ia mengalami gejala batuk, dan demam tinggi.

“Dia dirawat dirunah sakit Siloam dengan keluhan demam, sesak dan ketika dilaksankan foto thorax menunjukkan pneumonia di kedua paru-parunya,” jelas Nurdin Abdullah.

Pasien kemudian meninggal dunia sebelum diketahui positif covid-19. Namun pihak RS telah mengambil sampelnya yang dikirim ke Jakarta.

Hasilnya baru dimumumkan hari ini oleh pihak Kemenkes melalui jujur covid-19.

“Almarhum meninggal pada tanggal 15 sebelum diketahui status positif Corona,” kata NA.

Selanjutnya pasien suspect kedua bernomor covid 286 masuk RS dengan keluhan demam dan batuk. Sebelumnya ia memiliki kontak dengan penderita covid-19.

Setelah melakukan pemeriksaan rontgen menunjukkan hasil yang sama dengan pasien 285, peneumonia.

Selanjutnya, dilakukan pengambilan sampel. Dan hasilnya juga keluar hari dinyatakan positif Corona.

Kabar baiknya kata NA, kondisinya telah membaik. Informasi terkait pasien ini belum disampaikan ke pihak keluarga.

“Hasilnya positif dan yang bersangkutan sudah mengalami kemajuan signifikan. Beliau sudah sehat, tadi dokter melaporkan mereka minta keluar,” sebutnya.

Dengan adanya dua kasus positif tersbut, pihak RSUP Wahidin akan mengikuti prosedur dari kemenkes untuk melakukan contact tracing untuk mengetahui kondisi keluarga pasien. Pasien 286 diketahui berjenis kelamin laki-laki.

“Kita sudah mengambil langkah setelah mendapat hasil dari uji lab yang covid 285 dan 286 itu sementara dinkes akan melacak jejak dan kaluarganya. Dengan siapa mereka bertemu dan bersentuhan itu penting dilakukan,” paparnya. (nugroho)

Komentar Anda

Channel
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

To Top