ikut bergabung

Dibalik Pandemi Covid-19, Omzet Petani Bawang Merah di Enrekang Tembus Puluhan Miliar

Sulsel

Dibalik Pandemi Covid-19, Omzet Petani Bawang Merah di Enrekang Tembus Puluhan Miliar

ENREKANG, UJUNGJARI.COM –Di tengah pandemi virus Covid-19 yang saat ini mewabah dimuka bumi termasuk Indonesi mendatangkan banyak kesulitan disektor kehidupan.

Namun, dibalik masa kesulitan tersebut ternyata membawah berkah tersendiri bagi para petani bawang merah di Kabupaten Enrekang.

Salah seorang petani bawang merah di Kecamtan Anggeraja-Enrekang, Henra mengungkapkan selama masa pendemi tersebut, harga jual bawang merah naik dua kali lipat, dari harga sebelum pandemi Covid-19.

“Sebulum virus corona,harga bawang merah hanya sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000.Namun beberapa bulan terahir ini harga jual bawang merah tembus sampai Rp 45.000 per kilogram,”kata Henra baru-baru ini.

Menurutnya, dari kenaikan harga bawang selama masa pandemi covid-19 ini,ada salah seorang petani bawang merah (rekanya) di daerahnya mendapatkan omzet hingga puluhan miliar sekali panen dengan beberap lahan pertanianya.

“Ada teman yang tembus sampai puluhan miliar dia dapatkan hasil jual bawang merahnya,” ujurnya.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahan Pangan setempat,Ida membenarkan jika saat ini harga komoditi tersebut naik dua kali lipat mencapai Rp45.000 per kilogram.

Kenaikan harga tersebut dipengaruhi kerna kurangnya pasokan bawang yang didatangkan dari luar provinsi,sperti Bima,Brebes dan penghasil bawang merah lainya di Indonesia.

“Kenaikan harga bawang merah ini dipengaruhi karena kurangnya pasokan bawang merah dari Bima dan daerah penghasil bawang merah lainya di Indosesi yang masuk ke Sulsel,” ujar Ida dibalik telpon genggamnya, Jumat (05/06/2020).

Pihaknya mempredikasi harga bawang merah di daerahnya kan terus melonjak jika virus ini tetap berkelanjutan.

“Kalau virus ini masih lama diprediksi harga bawang merah akan tembus sampai Rp80.000 per kilogram.

“Beber Ida sembari mengatakan bawang merah juga bisa sebagai obat mencegah penyakit virus corona. (Suka)

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top