ikut bergabung

Terjerat Kasus Korupsi DAK, Kadisdik Sidrap Ditahan

Hukum

Terjerat Kasus Korupsi DAK, Kadisdik Sidrap Ditahan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Penyidik Tipikor Ditreskrimsus (Direktorat Kriminal Khusus) Polda Sulsel menahan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap H Syahrul SH MH (49). Dia ditaham tetkait kasus dugaan korupsi Dana DAK tahun 2019.

Selain Kadis Pendidikan Kabupaten Sidrap, penyidik juga menahan dua tersangka lain. Yakni Kasubbag Keuangan Dinas Pendidikan Ahmad Spd, Msi (41), dan Meldayanti Spd (33).

Setelah sebelumnya penyidik menetapkan tersangka dalam kasus tersebut, beberapa waktu dan berdasarkan barang bukti yang disita oleh penyidik dari para tersangka.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Augustinus Berlianto Pangaribuan, saat dikonfirmasi membenarkan terkait adanya penahanan terhadap ketiga tersangka tersebut.

“Iya benar ketiga tersangkanya, sudah resmi kita tahan,” kata DirKrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Augustinus Berlianto Pangaribuan, Senin (27/7).

Penahanan terhadap tersangka kata Augustinus dilakukan setelah, berkas kasus tersebut dinyatakan lengkap (P-21) Jaksa peneliti.

Selain itu juga karena alasan objektif dan alasan subjektif. Sehingga ketiga tersangka tersebut ditahan di Sel Tahanan Mapolda Sulsel.

“Kita tinggal berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan. Terkait rencana pelimpahan tahap 2 ketiga tersangka dan barang buktinya,” tukas Augustinus.

Dalam kasus ini ketiga tersangka diduga telah melakukan pemotongan fee 5 sampai 30 persen, anggaran DAK tahun 2019.

Dari Rp3 miliar anggaran DAK yang dianggarkan dari Kementerian Pendidikan. Penyidik telah menyita barang bukti dari tangan ketiga tersangka tersebut sebesar Rp500 juta lebih.

Ketiga disangkakan telah terbukti melanggar Pasal 12 huruf (e), Undang-undang Tindak Pidana Korupsi. Dengan ancaman pidana penjara minimal 4 tahun penjara.  (mat)

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Hukum

Populer Minggu ini

Arsip

To Top