ikut bergabung

Polres Bulukumba Kurban 65 Sapi, Dua Kambing

Suasana penyembelihan sapi kurban di Polres Bulukumba.

Berita

Polres Bulukumba Kurban 65 Sapi, Dua Kambing

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 telah dilaksanakan seluruh umat muslim di dunia. Dan di hari kurban ini, Jumat (31/7/2020) jajaran Polres Bulukumba mengurbankan sebanyak 65 ekor sapi dan dua ekor kambing.

Hewan kurban ini dibeli atas tabungan para personil Polres Bulukumba yang melaksanakan kurban bersama atas dasar keikhlasan.

Kapolres Bulukumba AKBP Gany Alamsyah melalui Kasat Reskrim Polres Bulukumba AKP Bery Juana Putra, mengatakan, jumlah hewan yang dikurbankan pihaknya tahun ini merupakan yang terbanyak daripada tahun-tahun sebelumnya.

Daging qurban, lanjutnya, akan dibagikan kepada masyarakat penerima manfaat, melalui personil dari Polres Bulukumba itu sendiri.

” Daging qurban ini dibagikan kepada masyarakat melalui para anggota, jadi masyarakat kurang mampu yang menerima adalah yang berada di sekitar rumah anggota Polri,” kata Kasat Reskrim disela penyembelihan kurban.

AKP Berry Juana menjelaskan kegiatan ini tak lain untuk mengejar pahala dan amal. 

” Tujuannya untuk mendapatkan amal pahala melalui ibadah kurban ini dan juga sebagai wujud kebersamaan personil  Polres Bulukumba dan bukan karena suatu perintah atau paksaan dari atasan baik dari kapolda ataupun dari kapolres” tutur AKP Berry Juana.

Setelah penyembelihan dilakukan, petugas dari Dinas Peternakan memeriksa kesehatan dari hewan atau posmortem untuk mericek kembali kelaikan daging sapi dan kambing yang dikurbankan.

” Agenda ini rutin kita lakukan, jadi ada pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan sebelum disembelih, dan pemeriksaan organ dalam hewan setelah pemotongan atau posmortem,” terang petugas pemeriksa, Drh Andi Isma Lestari Amin.

Ciri-ciri hewan yang sehat, lanjut Drh Andi Isma, dagingnya berwarna merah ceri, sedangkan organnya seperti hati berwarna merah darah, dan paru-paru berwarna pink.

” Kalau dagingnya berwarna pucat, begitupun hati dan paru-paru, itu dianjurkan untuk tidak dikonsumsi,” jelas drh Andi Isma.-

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top