ikut bergabung

Diduga Pembalakan Liar Marak di Pegunungan Pitu Riase

KPU Makassar telah menerima pendaftaran empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Siapa pasangan calon favorit menurut Anda?


Sulsel

Diduga Pembalakan Liar Marak di Pegunungan Pitu Riase

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Masyarakat di wilayah Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap diminta untuk waspada banjir.

Pasalnya, puluhan kayu gelondongan yang diduga dari hasil pembalakan liar ditemukan di wilayah Dusun III Matajang, Desa Tanatoro, pekan lalu.

Adapun jenis kayu gelondongan yang ditemukan itu yakni meranti merah dan nato.

Kepala Desa Tanatoro, Abdullah Pabah yang mengetahui hal tersebut mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait dugaan pembalakan liar itu.

“Kami tidak bisa pastikan apakah kayu-kayu itu berasal dari hutang lindung atau bukan. Yang jelasnya, kayu-kayu itu tidak memiliki dokumen,” ujarnya saat dihubungi.

Dikatakannya, bahwa pihaknya sudah beberapa kali mensosialisasikan kepada warga untuk tidak melakukan pembalakan liar karena akan memicu terjadinya banjir.

Kendati demikian, dirinya meminta jika betul kayu yang ditebang itu dari dalam kebunnya sendiri harusnya dibuatkan dokumen.

“Kita tidak masalahkan jika kayu itu diambil dari kebunnya sendiri. Akan tetapi harus dibuktikan dengan dokumen kepemilikan. Nah, ini tidak ada sama sekali,” tandasnya.

Sementara dilokasi, salah satu penebang kayu itu mengklaim bahwa kayu-kayu itu ditebang di salah satu kebun warga yang berada dipegunungan Matajang.

Akan tetapi penebang tersebut tidak mengantongi izin dan berita acara penebangan pohon dari kehutanan. (Irwan)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top