ikut bergabung

Terakreditasi A, Pendidikan Sosiologi Unismuh Siapkan Beasiswa untuk 52 Mahasiswa Baru

KPU Makassar telah menerima pendaftaran empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Siapa pasangan calon favorit menurut Anda?


Berita

Terakreditasi A, Pendidikan Sosiologi Unismuh Siapkan Beasiswa untuk 52 Mahasiswa Baru

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Program Studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar memberikan kabar gembira bagi tamatan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan Pendidikan tinggi.

Prodi terkareditasi A ini memberikan kuota beasiswa untuk 52 orang mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, Kaharuddin, Ph.D. Ahad (20/8/2020).

Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini mengajak segenap alumni SMA yang ingin menjadi guru, peneliti sosial, atau aktivis gerakan social untuk bergabung di Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar.

“Sepanjang memiliki keinginan kuat untuk kuliah, soal biaya, Insyaallah kampus Unismuh akan memberikan subsidi berupa beasiswa,” pungkasnya.

Kaharuddin menjelaskan bahwa beasiswa tersebut terdiri atas tiga kategori, yaitu beasiswa prestasi akademik, beasiswa penghapal Quran, dan beasiswa aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Beasiswa prestasi akademik terdiri dari empat kategori, yaitu Rangking I Umum di Sekolah (Kategori I), Rangking Kelas I-III (Kategori II), Rangking Kelas IV-VI di kelas (kategori III), Rangking Kelas VII-X (kategori IV).

Kategori I akan memperoleh beasiswa penuh, atau bebas pembayaran 100% untuk Sumbangan Pembangunan (SPP) dan Biaya Penyelenggaran Pendidikan (BPP) selama 8 semester. Kategori II, akan bebas BPP selama 8 semester.

“Tapi ada syaratnya, mahasiswa harus menanda-tangani surat perjanjian mempertahankan prestasi dengan Indeks Prestasi minimal 3.0, selama studl,” tandas Kaharuddin.

Beasiswa penghapal Quran terbagi kedalam lima kategori. Pertama, bebas SPP dan BPP 100% selama 8 semester, bagi siswa hafidzh Qur’an 30 juz mutqin (muraja’ah).

Kedua, lanjut Kahar, bagi siswa penghafal 30 juz tapi belum mutqin atau hafal 20 juz mutqin akan diberikan beasiswa sebesar 75% SPP dan BPP selama 8 semester. Ketiga, penghafal 15 juz mutqin akan diberikan beasiswa 50% SPP dan BPP selama 8 semester.

“Kalau hafalannya 10 juz mutqin, kita akan berikan beasiswa 30% SPP dan BPP selama 8 semester, sedangkan penghafal 3 juz mutqin akan diberikan beasiswa 10% SPP dan BPP selama 8 semester,” jelas Kahar, yang merupakan alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia.

Kahar menambahkan, Program Studi Sosiologi Unismuh juga memiliki komitmen untuk mendukung proses kaderisasi di Persyarikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu pihaknya juga memberikan beasiswa khusus bagi Aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

“Beasiswa SPP dan BPP 100% selama 8 semester bagi mantan dan atau Ketua, Sekretaris, dan Bendahara Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah IPM,” tandas Sekretaris Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh tersebut.

Selanjutnya, bagi para mantan atau Wakil Ketua, Wakil Sekretaris, dan Wakil Bendahara, akan diberikan bessiswa BPP 75% selama 8 semester.

“Untuk mantan atau ketua bidang Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah IPM, akan diberikan beasiswa BPP 50% selama 8 semester,” ungkapnya.

Namun Kahar mengingatkan, bahwa kuota tersebut terbatas hanya untuk 52 orang mahasiswa baru. “Siapa cepat, dia beruntung,” tantangnya. (**)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top