ikut bergabung

Rangkap Jabatan, Plt Kades Tonasa Dinilai Labrak Aturan Permendagri

KPU Makassar telah menerima pendaftaran empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Siapa pasangan calon favorit menurut Anda?


Sulsel

Rangkap Jabatan, Plt Kades Tonasa Dinilai Labrak Aturan Permendagri

TAKALAR, UJUNGJARI.COM — Sekretaris kecamatan Sanrobone, Muhammad Kasim Sila yang juga pelaksana tugas (plt) kepala desa Tonasa sekaligus ketua BPD Banyuanyara dinilai telah melabrak aturan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Pelanggaran yang dilakukan oleh Muhammad Hasim Sila, sesuai tertuang dalam permendagri nomor 110 tahun 2016 pada BAB III pasal 16 dijelaskan bahwa tidak boleh menjadi anggota BPD apabila anggota BPD tersebut terdaftar sebagai perangkat pemerintah desa dan atau kepala desa.

“Kalau dia berstatus perangkat desa apalagi pelaksana tugas kepala desa tidak boleh menjadi ketua maupun anggota BPD, karena itu adalah pelanggran besar yang dilarang oleh Permendagri,” kata Asisten 1 Bidang pemerintahan, Andi Ridjal Mustamin saat dimintai tanggapannya sekaitan rangkap jabatan tersebut.

Untuk tidak berakibat fatal pada tata kelola pemerintahan desa dan menghindari tindak pidana korupsi terhadap rangkap jabatan (Plt Kades dan Ketua BPD) yang disandang selama ini oleh Muhammad Hasim Sila, Ketua LSM Lialamy, Muhammad Idris meminta Kemendagri melalui Dirjen pemerintahan desa untuk turun tangan menindak lanjuti pelanggaran pelanggaran atas rangkap jabatan tersebut.

“Dirjen Pemdes harus turun tangan memantau rangkap jabatan ini agar permendagri yang begitu sakral mengatur jalannya pemerintahan desa tidak dilabrak begitu saja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata M Idris. (Ari Irawan)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top