ikut bergabung

Saking Senangnya Dikunjungi Appi, Ketua LPM Bira Potong Sapi dan Gelar Tudang Sipulung

Politik

Saking Senangnya Dikunjungi Appi, Ketua LPM Bira Potong Sapi dan Gelar Tudang Sipulung

MAKASSAR, UJUNGJARI– Rasa haru, bangga, bercampur suka cita. Begitulah gambaran perasaan Syarifuddin Thalib, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bira saat dikunjungi Calon Walikota Makassar Munafri Arifuddin (Appi), Minggu siang (25/10/2020).

Syarifuddin bersama Tim Tomas Sipakatau Appi-Rahman terdiri dari LPM, BKM, RW, RT dan Tokoh masyarakat seolah tak ingin menyia-nyiakan kedatangan tamu dambaan dan yang telah lama ditunggu-tunggu itu.

Loyalis militan Appi-Rahman ini pun berinisiatif menyambut Appi dengan pesta adat yang meriah tanpa menyampingkan protokol pencegahan covid dengan saling jaga jarak, disiplin mengenakan pelindung diri berupa masker, face shield dan sarung tangan, serta menyiapkan sarana cuci tangan.

Appi tiba di Jalan Sangalinna, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea sekitar pukul 13.00 Wita. Gelaran pesta adat kecil-kecilan dengan serempak menggunakan jas tutup bagi pria dan baju bodo bagi wanita, menyambut kedatangan calon nomor urut 2 itu.

Hentakan yel yel ‘dua dua dua, Appi-Rahman menang Makassar bangkit’ menggema di lokasi acara.

Tak tanggung-tanggung, Syarifuddin juga sengaja memotong seekor sapi sehari sebelum Appi berkunjung yang kemudian dilanjut dengan tudang sipulung atau santap siang bersama tokoh dan masyarakat setempat.

Bagi dia, kedatangan Appi begitu istimewa. Bukan pula sesuatu yang biasa. Harapan warga Makassar khususnya Kelurahan Bira begitu besar dan itu akan diletakkan di pundak Appi-Rahman jika nantinya terpilih menjadi Walikota Makassar.

“Alhamdulillah acara silaturahminya berjalan sukses. Saking senangnya saya dikunjungi Pak Appi, makanya saya sengaja potong sapi untuk kita suguhkan ke beliau. Kita makan siang bersama. Memang kami di sini sudah lama menunggu kedatangan Pak Appi,” ungkap Syarifuddin Thalib sumringah.

Banyak aspirasi dan keluh kesah yang warga sampaikan ke Appi, utamanya persoalan pendidikan dan minimnya air bersih saat musim kemarau.

“Kami di sini belum ada sekolah SMP Negeri. Juga kekeringan air saat kemarau. Warga di sini sampai begadang karena antri air. Karena kan wilayah sini adalah kawasan industri. Kami maunya dipisahkan air bersihnya. Jadi kami kadang tidak kebagian air PDAM,” keluh Syarifuddin yang juga merupakan Ketua Dewan Adat Karangloe di Bira.

Appi pun merespon baik dua aspirasi yang dianggap paling krusial itu. Pasangan Rahman Bando itu berjanji akan membangun instalasi pengolahan air payau menjadi air tawar.

Selain teknologi pengolahan, upaya lainnya adalah pemasangan pipa PDAM di wilayah ini. Air bersih, memang menjadi kebutuhan dasar warga.

“Saat musim hujan warga mengeluh banjir, saat kemarau hampir di seluruh wilayah kekurangan air. Artinya dibutuhkan penataan ulang terhadap saluran pembuangan air. PDAM juga harus merespon cepat untuk pemasangan instalasi pipa-pipa baru ke beberapa wilayah. Karena ini persoalan sudah bertahun-tahun tidak selesai. Kita harus konsern disitu. Insya Allah jika kami terpilih dalam satu tahun akan kami tuntaskan,” urainya.

Yang tak kalah penting adalah di tengah kondisi sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru, anak-anak usia sekolah terkhusus jenjang SMP sulit mendapatkan sekolah terdekat.

Ke depan, bersama Rahman Bando yang merupakan Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar itu sudah mempersiapkan program yang menyasar infrastruktur pendidikan.

“Persoalan ini memang tidak bisa dibiarkan berlanjut karena dengan berlakunya sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru sekarang ini sungguh sangat menyulitkan masyarakat di sekitar kawasan ini,” terangnya.

Hal tersebut telah termaktub dalam Program Appi-Rahman yang disebut sebagai sistem pendidikan berkeadilan harus mencakup pemerataan kualitas dan juga sebaran infrastruktur atau gedung sekolah.

Salah satu poin utamanya yang akan diwujudkan yakni melanjutkan program pengelompokan ulang pembangunan 10 SMP Negeri baru dan lima SMA/SMK baru dengan sinergi pemerintah Provinsi.

Pemaparan Appi pun disambut antusias warga. Syarifuddin kemudian menegaskan komitmen warga Bira mendukung dan siap memenangkan Appi-Rahman pada pemilihan 9 Desember mendatang

“Insya Allah mayoritas warga Bira mendukung Appi-Rahman dan akan mencoblos beliau pada 9 Desember mendatang. Di sini ada 19 TPS, 6 RW, dengan jumlah DPT sebanyak 7.590. Appi-Rahman memang mendominasi. Menang Insya Allah. Tokoh-tokoh masyarakat telah mengerahkan dan mensolidkan warganya untuk memenangkan Appi-Rahman,” pungkas Syarifuddin lugas. (*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top