ikut bergabung

Bidlabfor Polda Sulsel Luncurkan Simolin, Aplikasi IT Peningkatan Kinerja Penyidik

AKBP I Gede Suarthawan diapit para pejabat utama lingkup Polda Sulsel. (foto/ist)

Sulsel

Bidlabfor Polda Sulsel Luncurkan Simolin, Aplikasi IT Peningkatan Kinerja Penyidik

GOWA, UJUNGJARI.COM — Guna meningkatkan sinergitas pelayanan ke penyidik, Bidang Laboratorium Forensik (Bidlabfor) Polda Sulsel melaunching sebuah program baru peningkatan kinerja penyidik melalui aplikasi Simolin.

Aplikasi Simolin atau Sistem Monitoring Informasi Penyelesaian Pemeriksaan Perkara ini telah dilaunching Polda pada 22 Oktober 2020 lalu dan kini aplikasi ini mulai diterapkan sebagai salah satu program baru dalam peningkatan kinerja penyidik.

Kasubbid Narkoba Bidlabfor Polda Sulsel AKBP I Gede Suarthawan, Senin (2/11/2020) mengatakan, terobosan ini merupakan hal terbaru dalam peningkatan pelayanan dukungan teknis penyidikan. Simolin ini kata AKBP I Gede Suarthawan adalah suatu aplikasi yang menjadi dasar pola penyidik dalam menjalankan tugas penyidikan.

” Aplikasi ini dibuat guna memudahkan penyidik (Rekrimum, Reskrimsus, Resnarkoba dan penyidik lainnya) untuk mengakses update informasi terkait proses perkembangan pemeriksaan penyelesaian perkara (barang bukti dan hasil olah TKP Labfor) dengan aplikasi Simolin, sehingga penyampaian informasi hasil pemeriksaan di Bidlabfor Polda Sulsel ke penyidik menjadi lebih cepat karena secara online,” jelas AKBP I Gede Suarthawan.

AKBP I Gede Suarthawan juga mengatakan aplikasi ini bisa diunduh oleh para penyidik menggunakan telepon genggam (smartphone) yang berbasis android via play store dan app store untuk yang berbasis iOS dengan kata kunci ‘Simolin Mobile’ Bidlabfor.

” Semoga dengan adanya aplikasi ini semakin menambah semangat penyidik,” kata Kasubbid Narkoba Bidlabfor Polda Sulsel yang sedang menjalani pendidikan PKN Tingkat ll LAN RI Angkatan XIV tahun 2020.

Terkait aplikasi Simolin ini, tambah dia adalah sebagai bagian tugas akhir pendidikan dirinya berupa proyek perubahan.

Dijelaskannya, launching Simolin ini juga sekaligus sebagai ajang sosialisasi awal proyek perubahan yang dilakukannya.

Hadir dalam launching itu Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Halim Pagarra, Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Hermawan, Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Turman Sormin Siregar, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Didik Agung Widjanarko, Kabid Labfor Kombes Pol Yusuf Suprapto, Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo serta staf Bidlabfor Polda Sulsel dan beberapa perwakilan penyidik satuan kewilayahan lainnya.

” Jadi intinya, melalui aplikasi ini para penyidik dapat menyelesaikan seluruh tahap rangkaian penyidikan dengan lebih cepat tanpa kuatir adanya keterlambatan penyampaian informasi penyelesaian hasil pemeriksan Labfor yang bisa dimonitor secara online. Selain itu juga meningkatkan nilai kualitas manajemen pelayanan Labfor khususnya di area service Bidlabfor Polda Sulsel yang meliputi delapan Polda yakni Polda Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulteng, Gorontalo, Sulut, Maluku dan Maluku Utara. Dan ini pula untuk mendukung program promomoter bapak Kapolri dan untuk mewujudkan proses penyidikan yang transparan dan akuntabel sehingga masyarakat mendapat kepastian hukum secara cepat dan berkeadilan,” beber AKBP I Gede Suarthawan.-

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top