ikut bergabung

Dishub Tutup 20 Putaran Balik di Jalan Protokol

Berita

Dishub Tutup 20 Putaran Balik di Jalan Protokol

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel memulai penutupan putaran balik kendaraan atau u-turn di ruas jalan Kota Makassar. Ada sekitar 20 titik u-turn yang bakal ditutup secara bertahap yang dimulai hari ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sulsel, Abdul Azis Bennu menerangkan, penutupan u-turn menjadi agenda mengatasi kemacetan.

Ada 5 titik jalan yang menjadi fokus, diantaranya Jalan Letjen Hertasning, Jalan Sultan alauddin, Jalan Veteran Utara hingga Jalan Veteran Selatan, kemudian di jalan Urip Sumoharjo.

“Ada sekitar 20 u-turn yang akan kita tutup dalam rangka menata arus lalu lintas. Ini supaya tidak ada penumpukan kendaraan di putaran atau u-turn tersebur,” ujar Azis kepada wartawan, belum lama ini.

Dia melanjutkan, penutupan u-turn di titik ruas jalan tersebut berdasarkan hasil survei dan kajian atas seluruh stakeholder terkait. Dalam hal ini diputuskan melalui rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Sulsel.

Menurutnya, titik ruas jalan tersebut berpotensi menyebabkan kemacetan. Hal ini dikarenakan letak antar u-turn di tiap ruas jalan saling berdekatan. Kondisi ini kemudian bisa memicu penumpukan kendaraan.

“Berdasarkan regulasi yang ada, normalnya penempatan titik u-turn itu minimal sekitar 800 meter. Tapi ini bahkan ada yang hanya berjarak tiap 50 meter ada lagi u-turn,” papar dia.

Sebantak 20 titik u-turn ini akan ditutup secara bertahap. Rencananya, akan dimulai di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan kantor Perum Damri Makassar. Lalu berlanjut di ruas jalan sepanjang Veteran Utara-Selatan.

“Itu akan kami tutup menggunakan MCB (pembatas lalu lintas) beton,” sambung Azis. Selanjutnya, ada masa uji coba. Survei lapangan masih akan tetap dilakukan untuk melihat kondisi arus lalu lintas pasca-penutupan u-turn tersebut.

“Bapak gubernur memang sudah menghendaki, agar dinas perhubungan segera mengambil langkah bagaimana menata u-turn tersebut, sehingga kita pengguna jalan aman, nyaman, dan selamat,” paparnya.

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Dishub Sulsel, Eko Pranoto menambahkan, untuk sementara ada 10 u-turn yang akan ditutup mulai hari ini. Khususnya di empat ruas jalan Kota Makassar.

Diantaranya, satu titik di Jalan Sultan Alauddin tepatnya di simpang tiga Emmy Saelan. Kemudian, 5 titik di sepanjang Jalan Veteran Utara-Selatan. Selanjutnya tiga titik di Jalan Letjen Hertasning, dan satu titik lainnya di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

“Jadi salah satu fungsi penutupan u-turn ini bahwa kemacetan di Makassar tidak bisa ditolerir lagi. Artinya, jumlah kendaraan dan volume jalan tidak seimbang. Makanya perlu ada penataan,” tandas Eko. (*)

Komentar Anda

Channel

Baca Selengkapnya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top