ikut bergabung

Dihelat di Makassar, KPU Bulukumba Batasi Peserta Masuk Ruangan Debat

Politik

Dihelat di Makassar, KPU Bulukumba Batasi Peserta Masuk Ruangan Debat

 

BULUKUMBA, UJUNGJARI–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba memutuskan melaksanakan debat publik atau debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati selama tiga kali.

Adapun rencana debat pertama diputuskan dihelat di Kota Makassar, di Gammara Hotel Jumat, 6 November mendatang. Dimulai pukul 19.30 wita sampai selesai.

Ketua KPU Kabupaten Bulukumba, Kaharuddin menjelaskan, salah satu metode penyampaian visi misi dan program kampanye kandidat adalah melalui debat kandidat atau publik.

Adapun pelaksanaan debat nanti lanjut Kaharuddin, tentu tetap mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari jaga jarak, cuci tangan hingga pakai masker.

Apalagi nerdasarkan Peraturan KPU nomor 6 yang telah diubah menjadi nomor 10 tahun 2020 terkait dengan pelaksanaan Pilkada di masa pandemi dengan melaksanakan protokol covid 19.

Terus terkait dengan keputusan KPU bahwa mengenai teknis debat, pihaknya akan memperketat pengamanan. Khususnya mereka yang bisa hadir dalam ruangan.

“Kita berharap tidak ada pengerahan massa dari masing-masing paslon sesuai ketentuan yang ada,” kata Kaharuddin saat dikonfirmasi, Kamis (5/11/2020).

Berdasarkan ketentuan yang diatur bahwa peserta yang bisa hadir dalam ruangan debat masing-masing paslon, 4 org dari tim paslon, dua dari Bawaslu, forkopimda meliputi Bupati Bulukumba, pihak kejaksaan, pengadilan, perwakilan Polres Bulukumba, DPRD Bulukumba, Dandim 1411 Bulukumba, Kesbangpol Bululumba dan komisioner KPU Sulsel serta undangan lainnya.

“Jadi, diperkirakan dalam ruangan berjumlah paling banyak 50 orang mencakup peserta dan undangan. Itupun mereka harus memakai id card, ” jelasnya.

Terkait, pengamanan di lokasi debat, menurut Kaharuddin, pihak KPU Bulukumba sudah berkoordinasi dengan Polres Bulukumba, termasuk Polrestabes Makassar dan Polda Sulsel.

“Yah, karena debatnya di gelar di Makassar tentu Polres Bulukumba berkoordinasi dengan Polrestabes Makassar, termasuk Polda Sulsel untuk melakukan pengamanan,” katanya.

Sekedar diketahui, debat kandidat antar paslon bupati dan wakil bupati Bulukumba sendiri memberikan kepercayaan penuh kepada Celebes TV untuk menyiarkan secara langsung pelaksanaan debat publiknya.

Tak hanya Celebes TV, debat publik perdana Pilkada Bulukumba ini juga dapat disaksikan langsung lewat streaming di aplikasi CelebesMedia.id, Citra TV Bulukumba pada Channel 9, Celebesradio, Radio Swara Panrita Lopi FM Bulukumba, dan RCA 102,5 FM Bulukumba.

Termasuk juga di beberapa akun media sosial. Seperti, youtube CelebesTV, Fanpage Facebook CelebesTV, IG CelebesTV, Facebook KPU Bulukumba (KPU Kabupaten Bulukumba), dan IG KPU_Bulukumba. (*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top