ikut bergabung

Barru Juara Satu Nasional STBM Award 2020

Sulsel

Barru Juara Satu Nasional STBM Award 2020

BARRU, UJUNGJARI.COM — Prestasi nasional di bidang kesehatan kembali diraih kabupaten Barru. Setelah Menteri Kesehatan RI menetapkan penganugerahan tanda penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) award 2020 kepada daerah ini sebagai juara pertama kabupaten kota  dalam upaya percepatan stop BABS dan berhak memegang STBM Award 2020.

Acara penganugrahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award berkelanjutan tahun 2020 dilaksanakan secara virtual di Barru system Information Center, Jumat (13/11).

Penghargaan ini diserahkan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto Sp. Rad. K.IR kepada Plt. Kepala Bappeda Umar Sinampe, SKM, M.Kes dan disaksikan pimpinan OPD, pemerintah desa, Baznas, Tim Forum KKS, serta Leader Komunitas di Barru.

Meski Plt. Kepala Bappeda, Umar Sinampe yang menerima langsung penghargaan ini. Tetapi Umar menyebutkan bahwa tokoh kunci dibalik sukses raihan prestasi ini, adalah Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS) Barru, drg. Hj. Hasnah Syam MARS.

“Keberhasilan ini tak terlepas dari dorongan Bupati dan Wakil Bupati H.Suardi Saleh dan Nasruddin AM, dan seluruh Forkopimda serta Sekda Barru.
Terkhusus kepada Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat, Bu Dokter Hj. Hasnah Syam beserta pengurus Forum KKS nya yang selalu mendorong terwujudnya seratus persen ODF,” kata Umar.

Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, drg.Hj Hasnah Syam MARS, memang menjadi yang paling berperan mengupayakan setiap keluarga di Kabupaten Barru memiliki kesadaran dan membentuk kebiasaan yang lebih sehat.

Bukan hal yang mudah untuk membuat setiap rumah tangga memiliki sarana berupa jamban maupun mengubah persepsi rakyat dalam menjaga sendiri “kehormatannya” di ruang terbuka.

Sebelumnya Ketua Forum KKS Barru, drg Hj Hasanah Syam diberbagai kesempatan mengungkapkan jika dalam proses penyadaran masyarakat untuk tidak lagi buang air besar disembarang (BABS) tempat. Memang butuh waktu panjang. Tetapi kita tidak boleh menyerah memberikan pengertian dan terus memberikan dorongan.

“Kita sudah bisa membuktikan dengan serius dan komitmen untuk berhasil mencapai ODF dan dapat berlanjut ke pilar STBM hingga mencapai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Desa STBM),” ungkap Hasnah Syam ketika itu.

Hasnah Syam sebagai Ketua Forum KKS Barru ini tak pernah mengenal kata berhenti mengkordinasikan. Ia pun intens berkoordinasi langsung bahkan turun melakukan verifikasi lapangan bersama Tim di Bappeda atau Dinas Kesehatan, termasuk mengajak Baznas Barru untuk ikut serta membantu mencerahkan warga fakir miskin.

Hingga akhirnya, satu persatu kecamatan pun mengajak setiap perwakilan institusinya untuk Deklarasi ODF sejak awal 2020 ini.

Kiprah Hasnah Syam sebagai Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS), menjadi pendorong baginya untuk menuntaskan masalah dasar kesehatan ini dengan berkoordinasi dan terus mendorong agar setiap Kecamatan ODF di 2020.

Selain STBM award 2020 diraih Kabupaten Barru. Daerah ini juga sukses meraih juara satu kategori percepatan lintas sektoral pelibatan elemen masyarakat. Adapun yang memperoleh penghargaan yakni Kategori Kepala Desa dan Lurah, atas nama Kepala Desa Pacekke Muhammad Dahlan, S.Sos. kemudian kategori terbaik Sanitarian /Petugas kesehatan lingkungan dari Puskesmas, Armin Arif Rahmasyah S.KM  dan kategori Natural Leader, Andi Syah Indra Irwan dengan Komunitas A plusnya.  (udi)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top