ikut bergabung

154 Peserta STQH XXVIII Bersaing di Empat Cabang Lomba

Sulsel

154 Peserta STQH XXVIII Bersaing di Empat Cabang Lomba

PANGKEP, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 154 peserta Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) ke – XXVII tahun 2021 bersaing memperebutkan juara pada empat cabang lomba dalam ajang ini. Pangkep sendiri menggelar STQH untuk mencari wakil daerah ini dalam lomba tingkat Provinsi Sulsel.

Ketua Panitia STQH, Irdas menyampaikan, kegiatan ini dijadwalkan berlangsung 15 – 18 Maret 2021.

Tujuan STQH ini, kata Plt Sekda Pangkep, untuk meningkatkan minat dan bakat serta pemahaman kepada generasi muda untuk lebih mendalami dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dan Hadis.

Selain itu ajang lomba STQH dilaksanakan, sebagai ajang untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana perkembangan dan pembinaan LPTQ disetiap kecamatan.

Ada empat cabang lomba yang dipertandingkan dalam STQH. Keempat cabang lomba itu, yakni Tilawatil qur’an, Hifzil qur’an, Tafsir qur’an dan Misabaqah hadits yang terbagi dalam 10 golongan.

“Seluruh kecamatan mengutus peserta dalam STQH  se kabupaten Pangkep yang diikuti perwakilan 13 kecamatan di daerah ini. Pesertanya sebanyak 154 orang. Dinataranya 92 putra dan 62 putri,” kata Irdas.

“Insyaallah, kita tergetkan para juara-juara disini akan mewakili Pangkep pada MTQ tingkat provinsi di Sidrap nanti,” ujarnya.

STQH tahun ini mengusung tema melalui STQH ke 28 tahun 2021, kita tingkatkan pemahaman nilai-nilai Alquran dan Hadis sebagai spirit dalam mewujudkan kabupaten Pangkep yang hebat, religius dan sejahtera, dibuka langsung oleh wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana.

Pembukaan berlangsung di aula rumah jabatan Bupati, Senin malam (16/3).

Salah satu dewan hakim STQH, KH Saleh Ridwan mengatakan, menyangkut penilaian sudah ada pedoman dari LPTQ.

Saleh Ridwan pun menjamin, dewan hakim akan berupaya memberikan penilaian dengan seadil-adilnya dan sejujur-sejujurnya.

“Tanggung jawab dewan hakim, bukan hanya kepada masyarakat tapi juga kepada Allah SWT. Apalagi, yang dilombakan adalah Alquran. Jadi harus kembali ke prinsip dasar Alquran, keadilan dan kejujuran,” jelasnya.

Dalam lomba STQH ini dinilai para Dewan hakim yang berjumlah 27 orang.

(Udi)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top