ikut bergabung

BBKP Makassar Kantongi ISO 45001 Tahun 2018

Makassar

BBKP Makassar Kantongi ISO 45001 Tahun 2018

MAKASSAR, UJUNGJARI — Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar bertugas dalam Perlindungan Kelestarian Sumber Daya Hayati Hewan dan Tumbuhan.

BBKP Makassar adalah salah satu UPT Kementerian Pertanian yang melaksanakan amanat UU No 21 Tahun 2018, tentanh Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan.

Dalam menjalankan fungsi, peran, dan kapasitasnya, BBKP mendapat pengakuan dengan meraih Sertifikat ISO 45001 berstandar internasional untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Kepala BBKP Makassar, Luthfi Natsir mengemukakan, ISO 45001 adalah Standar Internasional K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja ).

Raihan itu dicapai setelah melewati proses panjang penilaian dan memenuhi sejumlah indikator yang disyaratkan.

“Alhamdulillah, setelah melewati beberapa tahap penilaian maupun audit BBKP Makassar berhasil mengantongi
Sertifikat ISO 45001,” ungkap Luthfi.

Lebih jauh dia mengemukakan, Sertifikat ISO 45001 menandakan jika selama ini BBKP bekerja sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja termasuk dalam memberi pelayanan terhadap pelaksana usaha maupun pengguna jasa.

“Penerapan ISO 45001 adalah standar yang bertujuan menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi pengguna. ISO 45001 mencakup cara mengendalikan semua faktor yang mungkin mengakibatkan penyakit, cidera maupun kasus kematian ekstrim,” tambah Luthfi.

Dia menambahkan, selama ini BBKP Makassar selama ini melakukan
tindakan karantina terhadap komoditas pengiriman antar area, ekspor dan impor.

Selain itu, juga untuk mencegah masuk dan keluarnya hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) di wilayah NKRI, serta tersebarnya HPHK dan OPTK antar area. (*)

Komentar Anda

Channel

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top