ikut bergabung

Makassar Siaga Bencana, Baguna PDIP Sulsel Bagikan Langkah Mitigasi Banjir

Makassar

Makassar Siaga Bencana, Baguna PDIP Sulsel Bagikan Langkah Mitigasi Banjir

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Hujan deras beberapa hari terakhir yang mengguyur Kota Makassar, telah mengakibatkan genangan di sejumlah titik. Saat ini, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bahkan telah mengumumkan perintah siaga bencana, untuk mengantisipasi kondisi cuaca, kondisi kecepatan angin dan pasang naik, 5 – 7 Desember 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg MKes, menyampaikan, ada beberapa langkah mitigasi banjir yang bisa dilakukan, sebagai upaya untuk mengurangi resiko dalam menghadapi ancaman banjir. Antara lain, membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang pohon sembarangan, lakukan penghijauan, membersihkan saluran air, dan mengetahui potensi banjir.

Selain itu, menyiapkan tas siaga bencana, pantau informasi dari sumber terpercaya, menentukan jalur evakuasi jika banjir terjadi, serta menyimpan nomor penting.

“Langkah mitigasi banjir ini harus terus kita sosialisasikan. Sehingga, masyarakat kita selalu siap ketika terjadi bencana banjir,” ujarnya, Senin, 6 Desember 2021.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan personil dan bantuan logistik, yang siap diturunkan kapan saja, jika terjadi bencana banjir di Kota Makassar.

“Menghadapi kondisi bencana, kita semua harus turun tangan. Dan kami dari Baguna PDIP Sulsel, dalam kondisi siaga, siap membantu masyarakat kapan saja ketika terjadi bencana,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, ada sejumlah titik yang harus diwaspadai, yang telah menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Seperti Perumahan Kodam 3, Kelurahan Paccerakkang, dan Perumnas Antang.

“Titik-titik yang rawan, sebaiknya dilakukan evakuasi dini. Bukan hanya terhadap warga di lokasi, tetapi juga terhadap harta bendanya, untuk meminimalisir kerugian materi dan korban jiwa,” jelas dia.

Diketahui, dalam perintah siaga bencana yang dikeluarkan, Wali Kota Makassar memerintahkan semua SKPD terkait serta Camat dan Lurah, untuk mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya gangguan genangan, bencana banjir, dan bencana angin puting beliung, untuk melaksanakan prosedur siaga bencana.

Kepada seluruh masyarakat Kota Makassar, juga diminta agar bersiaga jika terjadi hujan lebat pada pukul 16.00 – 04.00 dini hari, terkhusus kawasan banjir kronis. (**)

Komentar Anda

Channel

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top