ikut bergabung

FKIP Unismuh dan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Kerjasama Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pendidikan

FKIP Unismuh dan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Kerjasama Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Fakultas Tarbiyah Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare sepakat melaksanakan kerjasama pengembangan tridharma perguruan tinggi.

Kesepakatan itu dituangkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan di Gedung FKIP Kampus Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Jumat, (17/12).

Kedua pihak bersepakat melaksanakan kerja sama dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Surat perjanjian Kerjasama ini ditandatangani Dekan FKIP Unismuh Erwin AKib PhD dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Dr Saepuddin.

Menurut Erwin Akib, tujuan kerja sama tersebut adalah meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing fakultas, serta memperkaya pengalaman dan konteks keilmuan dari mitra kerjasama.

“Tadi Pak Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare menyampaikan keinginannya untuk membangun Kerjasama yang lebih progresif. Misalnya, dalam hal penelitian bisa ada kolaborasi penelitian antar dosen, atau mungkin pertukaran narasumber untuk saling share pengetahuan dan pengalaman,” jelas Erwin Akib.

Menurut Erwin, kerjasama ini sangat strategis, karena kedua fakultas memiliki banyak prodi yang sama. FKIP Unismuh, membina 11 Prodi S1, yaitu Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Fisika.

Selain itu, ada Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

FKIP Unismuh juga membina dua Prodi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), yakni PPG Bahasa Indonesia, dan PPG Bahasa Inggris.

Sementara itu, Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare membina 8 Prodi S1, yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, Tadris IPA, Tadris IPS, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Penguatan Kerjasama terus dilakukan FKIP Unismuh terus digencarkan di penghujung 2021. Awal bulan Desember lalu, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang juga berkunjung dalam rangka studi banding pengembangan Prodi Pendidikan Profesi Guru.

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top