ikut bergabung

Kepala BPKA Sulsel: Proyek KA Beri Banyak Manfaat Positif untuk Masyarakat dan Daerah

Ekonomi

Kepala BPKA Sulsel: Proyek KA Beri Banyak Manfaat Positif untuk Masyarakat dan Daerah

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM – Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Andi Amanna Gappa, menggaransi kehadiran Kereta Api (KA) Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare akan memberi multiplier effect yang positif bagi masyarakat maupun daerah.

Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak bersinergi mendukung penuntasan proyek KA agar operasionalnya segera dirasakan manfaatnya.

“Proses pembangunan KA menimbulkan sejumlah dampak yang mungkin terasa, termasuk soal harus adanya pembebasan lahan. Tapi, saya berani menjamin bahwa dampak positif atau benefit multiplier effect atas operasional KA di Sulsel akan jauh lebih besar bagi masyarakat maupun daerah,” kata Amanna Gappa pada kegiatan Pemberitahuan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalur KA Makassar-Parepare Segmen E untuk Kabupaten Maros dan Kota Makassar di Hotel Harper Perintis Makassar, Selasa (11/1).

Ia menjabarkan sederet benefit multiplier effect atas operasional KA di Sulsel adalah terbukanya lapangan kerja bagi putra-putri daerah hingga adanya potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang baru.

Operasional KA juga dipastikan mengakselerasi perekonomian daerah dan meningkatkan konektivitas wilayah, sehingga masyarakat semakin nyaman jika ingin bepergian. Begitu pula untuk angkutan barang pada rute yang dilalui akan jauh lebih mudah.

“KA di Sulsel rute Makassar-Parepare ini bukan cuma angkutan penumpang, tapi juga angkutan barang. Bila sudah dioperasikan, ini tentu meningkatkan konektivitas wilayah yang akan memacu akselerasi perekonomian. Ya, makanya ayo dukung penuntasan proyek KA demi kemajuan daerah, ya semakin cepat rampung maka manfaat positifnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat,” tutur dia.

Baca Juga :   Juli, Gowa Akan Diserbu Ratusan Mahasiswa KKN MAS

Lebih jauh, Amanna Gappa menuturkan kehadiran KA di Sulsel juga akan menunjang sektor pariwisata, khususnya pada daerah-daerah yang dilalui.

Ia mencontohkan destinasi wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros, yang diproyeksikannya akan semakin berkembang dengan operasional KA.

Terlebih, salah satu stasiun memang ditempatkan di wilayah tersebut, sehingga akses wisatawan ke destinasi wisata itu akan jauh lebih mudah.

“Makanya, selalu saya sampaikan bahwa kehadiran KA di Sulsel membawa banyak dampak positif di berbagai bidang, tidak cuma sektor perhubungan dan ekonomi, tapi juga pariwisata. Intinya, kehadiran KA akan membawa kemajuan bagi daerah dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di sekitar stasiun karena perekonomian pasti berkembang di sana,” tuturnya.

dibaca : 39

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Ekonomi


Populer Minggu ini

Arsip

To Top