ikut bergabung

Baru Lansia yang Penuhi Syarat Vaksinasi Booster

Makassar

Baru Lansia yang Penuhi Syarat Vaksinasi Booster

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM-– Pemerintah mulai mengagendakan pemberian vaksinasi booster kepada masyarakat.

Vaksinasi tahap tiga ini diprioritaskan bagi mereka yang sudah melewati vaksinasi tahap dua yang diberikan dalam jangka waktu minimal enam bulan.

Seluruh masyarakat Indonesia berusia di atas 18 tahun bisa divaksin booster, namun ada kelompok tertentu yang diprioritaskan, yakni orang lanjut usia (lansia) dan Penderita immunokompromais.

Khusus di Makassar, pemberian vaksin booster baru difokuskan pada lansia yang telah melakukan vaksinasi tahap dua yang diberikan dalam jangka waktu minimal enam bulan.

Alasannya, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, karena baru lansia yang memenuhi syarat.

Untuk warga usia 18 tahun ke atas belum bisa dilakukan vaksinasi booster karena persentase lansia yang sudah melakukan vaksinasi (tahap I dan II) belum mencapai 60 persen.

“Baru lansia yang divaksin booster. Untuk masyarakat diatas 18 tahun belum bisa karena vaksinasi lansia masih di bawah target,” ungkap dr Ida saat ditemui di Balaikota Makassar, Kamis (13/1).

Saat ini, progres vaksinasi lansia baru di kisaran 48 persen. Masih ada sekitar 12 persen yang harus dikejar.

Karena capaian vaksinasi lansia belum capai target, kata dr Ida, vaksinasi covid-29 untuk anak usia 6-11 tahun juga belum bisa diberikan.

“Jadi kita sekarang mengejar vaksinasi lansia 60 persen, kapan terkejar bisamk kita lakukan vaksinasi anak dan bisa non lansia kita booster,” jelasnya.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Melandai, Pemkot Makassar Tes Swab di Wilayah Episentrum

Dia melanjutkan, sejauh ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk ketersediaan vaksin booster.

Khusus untuk booster, kata dr Ita, bagi yang divaksin Sinovac di tahap I dan II, maka vaksin boosternya bisa Pfizer atau Moderna.

“Khusus untuk Sinovac, sekarang tidak boleh lagi dipakai untuk dosis 1, untuk dosis dua saja karena kita sudah kekurangan logistik untuk Sinovac,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menekankan untuk memaksimalkan vaksinasi covid-19 untuk lansia, pihaknya menerjunkan seluruh ASN Pemkot Makassar mencari yang layak untuk divaksin.

Diharapkan juga aparat kepolisian dan TNI bisa ikut berkolaborasi memenuhi capaian yang diharapkan.

“Saya targetkan vaksinasi untuk lansia bisa dicapai akhir Januari ini. Sehingga Februari mendatang kita sudah bisa melakukan vaksinasi anak 6-11 serta vaksinasi booster untuk warga usia di atas 18 tahun,” tandas Danny. (rhm)

dibaca : 19



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top