ikut bergabung

Ini Alasan Sejumlah Remaja Masjid Nekad Embat Kotak Amal Usai Lebaran Idul Adha

AMANKAN. Para orangtua terduga pelaku pencuri kotak amal masjid yang diamankan di Polsek Somba Opu. (foto/ist)

Kriminal

Ini Alasan Sejumlah Remaja Masjid Nekad Embat Kotak Amal Usai Lebaran Idul Adha

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ada sekira lima orang remaja masjid terekam CCTV mengambil kotak amal masjidi di Masjid Silaturrahmi, Kelurahan Pandang-pandang Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, pada Minggu (10/7/2022) sore lalu.

Aksi para remaja berkomplot ini terekam CCTV masjid dan akhirnya menjadi bukti yang harus dipertanggungjawabkan oleh para remaja di bawah umur itu di depan petugas Polsek Somba Opu.

Atas bukti rekaman CCTV tersebut, empat remaja dari lima orang yang teridentifikasi itu kini menjalani proses pemeriksaan di Unit Reskrim Polsek Somba Opu sejak tertangkap Senin (11/7) kemarin atas laporan pengurus masjid kepada Bhabinkamtibmas Mangasa Bripda Muh Ismail.

Dalam rekaman CCTV tersebut, kata Bhabinkamtibmas Bripda Muh Ismail, secara berkomplot para remaja ini beraksi. Dua orang yang masuk ke masjid dan mengeksekusi kotak amal yang ternyata berisi sekira Rp6 jutaan rupiah (setelah dibagi-bagikan oleh para terduga pelaku tersebut).

” Dari rekaman CCTV, mereka terlihat masuk ke ruangan tempat penyimpanan kotak amal. Usai membobol kotak amal, para pelaku langsung kabur. Mereka bekerja bersama dengan peran berbeda. Ada yang eksekutor, ada yang menjaga pintu masjid dan ada yang menjaga di luar pagar halaman masjid, ” kata Briptu Muh Ismail.

Yang miris karena para terduga pelaku ini adalah remaja masjid itu sendiri. Hal tersebut diakui pengurus masjid bernama Ahmad Daeng Gassing.

“Iya ada sekitar lima orang terduga pelaku. Tapi kemungkinan juga lebih dari lima orang jika berdasarkan pantauan hasil CCTV, ” kata Ahmad Daeng Gassing.

Dikatakan Ahmad Daeng Gassing, isi kotak amal sesuai kebiasaannya menghitung usai lebaran baik itu lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha, biasanya nilainya mencapai Rp25 jutaan. Tapi kotak amal yang dicuri kemarin tersebut, belum bisa diketahui jumlahnya lantaran pengurus masjid belum menghitung sama sekali pasca sudah salat Ied kemarin tapi hanya disimpan di masjid saja.

“Biasanya kalau lebaran itu isi kotak amal mencapai sekira Rp 25 jutaan. Kalau kotak amal yang ini kami belum tahu isinya sebab belum kami hitung hingga ada kejadian ini (dicuri). Soal ini kami telah laporkan ke Kepolisian dan pasca dilaporkan, Polisi di Polsek mengabarkan sudah ada empat orang yang berhasil diamankan,” kata Ahmad Daeng Gassing.

Diketahui dari pihak pengurus masjid bahwa para remaja masjid memang biasa dilibatkan untuk mengumpulkan isi celengan masjid dari para jamaah yang hadir berjamaah di masjid. Dan seperti biasa, para remaja masjid yang dilibatkan akan diberi ucapan terimakasih atas bantuannya.

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Kriminal

Populer Minggu ini

Arsip

To Top