ikut bergabung

Kajati Sulsel Prakarsai Perayaan Haul Akbar Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka

Leonard Eben Ezer Simanjuntak

Sulsel

Kajati Sulsel Prakarsai Perayaan Haul Akbar Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka

MAKASSAR, UJUNGJARI–Perayaan Haul Akbar Syekh Yusuf Al Makassari (Tuanta Salamaka) yang diselenggarakan di Lingkungan Makam Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makassari Al-Bantani di Jalan Syech Yusuf, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel berlangsung khidmat, Kamis (25/5/2023) sekitar Pukul 15.30 Wita.

Kegiatan Haul Akbar yang diinisiasi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Leonard Eben Ezer Simanjuntak itu beriringan dengan rangkaian peringatan Ulang Tahun Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) ke-72 tahun sekaligus menyambut Hari Bhakti Adyaksa yang ke-63 tahun.

Dalam sambutannya, Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyampaikan bahwa Haul Akbar Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka dIlaksanakan sebagai wujud penghormatan, kekaguman dan kebanggaan serta mengingatkan kita untuk mengenang sekaligus meneladani kehidupannya yang sarat dengan keteladanan dalam menyebarkan Islam, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan serta perjuangannya saat melawan penjajahan VOC Belanda.

Selain menyebarkan agama Islam, Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka juga berada dalam barisan Sultan Abu Al-Fath Abdul Fattah ketika itu melawan penjajahan VOC Belanda.

Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka kemudian ditahan di Cirebon lalu dipindahkan ke Srilanka dan selanjutnya ke tempat pengasingan yang lebih jauh yakni di Afrika Selatan hingga kemudian wafat pada 1699.

“Atas jasa-jasa dan perjuangannya tersebut, Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka tidak saja mendapat anugerah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Namun juga Pahlawan bagi Afrika Selatan yang mengharumkan nama Makassar yang kita banggakan ini,” ungkap Leonard.

Baca Juga :   Antara Pandemi dan Tuntutan Hidup, Pedagang di Enrekang Abaikan Imbauan Pemerintah

Sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan sekaligus pemrakarsa kegiatan ini, Leonard mengajak seluruh anggota Persaja yang baru saja memperingati HUT ke-72 tahun serta menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun agar meneladani nilai-nilai kehidupan universal yang diwariskan oleh Yang Mulia Syekh Yusuf Al Makassari Tuanta Salamaka dalam melaksanakan tugas sebagai penegak hukum berupa akhlak yang mulia, pribadi yang santun, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan, serta menjauhkan diri dari perilaku hidup yang mempertontonkan kemewahan duniawi yang juga sejalan dengan peringatan Jaksa Agung RI untuk senantiasa menerapkan pola hidup sederhana dan menghindari gaya hidup hedonis sebagaimana Instruksi Jaksa Agung Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penerapan Pola Hidup Sederhana.

dibaca : 183

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top