ikut bergabung

Ada Expo UMKM dan Pengusaha Perlengkapan Haji Arab Saudi di Musda dan Rakernas Kesthuri

Makassar

Ada Expo UMKM dan Pengusaha Perlengkapan Haji Arab Saudi di Musda dan Rakernas Kesthuri

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kesatuan Travel Haji dan Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) Sulsel akan menggelar Musda ke-IV dan Rakernas di Makassar.

Musda Kesthuri rencananya akan digelar di Four Point by Sheraton, Jalan Andi Djemma pada 12 Agustus mendatang. Sementara Rakernas dilaksanakan di lokasi yang sama pada 13-14 Agustus.

Ketua DPD Kesthuri Sulsel, Usman Jasad dalam keterangannya, Selasa (8/8/2023) mengatakan Musda dan Rakernas Kesthuri mengusung tema Perkokoh Kemandirian dan Kesejahteraan Anggota Kesthuri.

“Tema itu sengaja dipilih karena Kesthuri merupakan asosiasi yang sudah cukup lama hadir. Awal didirikan senantiasa dilakukan pembinaan dan asisten terhadap anggotanya. Tapi seiring waktu, anggota mulai bisa menjalankan bisnis haji dan umrah secara mandiri,” ungkap Usman Jasad, Selasa (8/8).

Menurut lelaki yang akrab disapa Ujasa, alasan Makassar dipilih sebagai lokasi Rakernas karena jumlah anggota Kesthuri di kota ini paling banyak.

“Tercatat ada 49 travel di wilayah Sulsel yang menjadi anggota Kesthuri. Di musim umrah, sekitar 4000 hingga 6000 jamaah yang diberangkatkan dari Makassar setiap bulannya, sebagian besar jamaahnya berada di bawah naungan Kesthuri,” kata Ujasa.

Untuk kegiatan Rakernas, rencananya, akan dibuka Sekjen Kemenag RI dan dihadiri langsung Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Juga akan dihadiri beberapa mitra dari Arab Saudi yang merupakan pengusaha perhotelan, transportasi, hingga owner pabrik perlengkapan haji dan umrah.

Baca Juga :   Arifin Dg Kulle Ajak Masyarakat Optimalkan Retribusi Pelayanan Persampahan

Sebanyak 150 travel yang merupakan anggota Kesthuri direncanakan bakal hadir dalam Rakernas.

Sejumlah rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam Musda dan Rakernas. Diantaranya ekspo UMKM yang juga melibatkan perbankan, asuransi dan stakeholder terkait lainnya.

Ada juga Diskusi Publik yang akan membahas kebijakan haji di Indonesia dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Diantaranya
Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, dari Kementerian Agama RI, dan pihak asosiasi sebagai representasi pengusaha haji dan umrah.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhammad Ramli memastikan seluruh acara akan berlangsung meriah. Persiapan sudah hampir rampung 100 persen.

“Sudah sangat siap, sudah kita pastikan semua acara insyaallah berjalan dengan baik nantinya,” katanya.

Usai kegiatan Musda dan Rakernas, seluruh peserta dari berbagai daerah di Indonesia rencananya akan mengikuti city tour.

Panitia secara spesial ingin memperkenalkan obyek wisata dan keunikan yang ada di Makassar sekaligus menikmati beragam kuliner khas dari Makassar Kota Makan Enak.

dibaca : 36

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top