ikut bergabung

Gowa Keciprat 40 Titik Penerangan Jalan Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

RESMIKAN. Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni bersama anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Andi Wittiri saat peresmian penyerahan PJU TS untuk Pemkab Gowa.(foto/ist)

Sulsel

Gowa Keciprat 40 Titik Penerangan Jalan Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

GOWA, UJUNGJARI.COM — Untuk tahun 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalokasi 425 titik penerangan jalan umum tenaga surya (PJU TS) untuk wilayah Sulawesi Selatan. 

Ke 425 titik itu meliputi Kota Makassar 50 titik, Gowa 40 titik, Takalar, Jeneponto 100 titik, Bantaeng 175 titik dan Kepulauan Selayar 60 titik. Dari bantuan ini, khusus Kabupaten Gowa mendapatkan 40 titik PJU TS tersebut. PJU TS telah dilaksanakan Sejak 2023 terpasang sebanyak 130.000 atau setara menerangi jalan setara 7000an kilometer persegi.

Untuk alokasi PJU TS itu, pihak Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi diterima Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni dari pihak Kementerian ESDM diwakili anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Andi Wittiri. 

Usai peresmian bersama penyaluran PJU TS tersebut, Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni menyampaikan terimakasih dan penghargaan dan apresiasi Pemkab Gowa atas kesempatan Gowa mendapatkan pemasangan PJU TS sebanyak 40 titik di Kabupaten Gowa.

Dikatakan Rauf, program pemasangan  PJU TS  ini merupakan program Kementerian ESDM melalui aspirasi dari anggota Komisi VII DPR RI yang diwakili Ridwan Andi Wittiri.

“Program pemasangan PJU TS ini merupakan salah satu solusi efisiensi energi untuk memanfaatkan energi baru terbarukan. Pemasangan PJU TS ini akan sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah untuk menghemat pengeluaran, menghemat belanja daerah. Yang jelas pemerintah tetap memfasilitasi penerangan jalan untuk masyarakat melalui PJU TS ini,” kata Wabup. 

Baca Juga :   Aliyah Serahkan APD dan Dua Ventilator  untuk RSUD Syekh Yusuf

Rauf berharap PJU TS ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga bisa membantu pengembangan perekonomian di Kabupaten Gowa. 

“Selain itu, PJU TS ini akan dapat mencegah kecelakaan dan kejahatan yang terjadi terutama di malam hari. Oleh karena itu, saya berharap PJU TS yang akan dibangun ini dapat dipelihara lebih lanjut sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih lama bagi masyarakat,” kata Wabup lagi. 

Sementara itu, Ridwan Andi Wittiri yang juga legislator PDIP ini mengatakan, penyaluran PJU TS yang merupakan program aspirasi ini merupakan kerjasama Komisi VII DPR RI dengan Dirjen EBTKE Kementerian ESDM tersebut. 

Disebutkan Ridwan, bantuan PJU TS untuk Sulsel untuk tahun 2023 itu sebanyak 425 titik lampu jalan yang dialokasi untuk enam kabupaten kota yakni Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Selayar dan Kota Makassar. 

“Lampu jalan ini adalah lampu yang sangat efisien dan tidak membutuhkan BBM atau listrik  karena menggunakan tenaga surya. Semoga dengan adanya penerangan lampu jalan dan makin bertambah jumlahnya, dapat bermanfaat bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di malam hari, dan yang paling penting dapat mengurangi angka kecelakaan dan angka kriminalitas,” kata Ridwan. 

dibaca : 88

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top