ikut bergabung

BPBD Enrekang Benahi Posko Induk

Sulsel

BPBD Enrekang Benahi Posko Induk

 

ENREKANG,BKM–Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enrekang, Sulawesi Selatan, Abdullah Sanneng melakukan pengecekan kesiapan jajarannya pada posko Induk, salah satu yang menjadi perhatiannya yakni pembenahan posko induk, dengan memindahkan Posko ke Halaman Depan Kantor BPBD Enrekang.

Sebelumnya, posko induk berada di antara Diskominfo dan BPBD, kini digeser tepat berada di halaman depan BPBD dengan pertimbangan lebih tampak dari jalur poros Enrekang-Toraja, serta lebih mudah terjangkau kendaraan untuk mobilisasi bantuan.

“Intinya BPBD Enrekang selalu siaga 24 jam, karena itu TRC di Posko tidak hanya bekerja pada saat terjadi bencana, tapi juga harus mampu memunculkan ide dan dapat berkreativitas saat berada di posko, itulah sebabnya posko diupayakan tetap nyaman ditempati,” kata Abdullah Sanneng, di sela-sela memantau pemidahan posko BPBD di Enrekang, Senin (12/8) kemarin.

Menurutnya,banyak cara yang bisa dilakukan.Pekerjan BPBD bukan hanya pada saat terjadi bencana.Namun,di sela waktu luang personel belajar membuat laporan kaji cepat, membenahi pengelolaan pusdalops atau membenahi peralatan,”Bukan hanya saat terjadi bencana kita bekerja,”kata Abdullah mantan kadis PU setempat ini.

Selain itu, kesiapsiagaan personel BPBD Enrekang yang bertugas, utamanya pada posko induk yang diisi Tim Reaksi Cepat (TRC), juga harus mampu bekerja bersama dengan masyarakat, baik pada saat menerima laporan juga terutama dalam mengambil langkah awal saat terjadi bencana.

Selain itu,Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke- 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus mempercatik keindahan kantornya. Mulai dengan membersihkan halaman kantor, memasang bendera hias, memasang spanduk Tema HUT ke- 74 RI hingga membuat gapura. Bahkan, untuk merubah tampilan kantor, Posko Bencana dipindahkan ke bagian depan kantor.

Tampilan kantor BPBD sangat berubah. Di bagian depan nampak gapura terpasang persis di pintu masuk. Di bagian atas terpasang spanduk Tema HUT RI tahun 2019. Sementara, di bagian samping dan bagian belakang, taman yang ditumbuhi bunga dan pohon ditata dengan rapi, dipadukan dengan bendera hias.

Paling mencolok perubahan pada posko bencana. Posko bencana tersebut dipindahkan ke bagian depan kantor. Sebelumnya, posko bencana berada di belakang kantor.

Kasubag Kepegawaian BPBD Kabupaten Enrekang, Hasdiah mengatakan, pembersihan yang dilakukan itu, disamping menyambut perayaan HUT RI, sekaligus sebagai persiapan mengikuti lomba kebersihan. Lomba kebersihan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan, yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Enrekang untuk memeriahkan HUT ke- 74 Republik Indonesia.

“Seminggu terakhir staf dan personil TRC membersihkan dan menata kantor. Selain menyambut HUT RI, sekaligus persiapan mengikuti lomba kebersihan antar OPD se Kabupaten Enrekang,” kata Hasdiah.

Hasdiah sendiri optimis jika BPBD Kabupaten Enrekang akan menjadi yang terbaik pada lomba kebersihan yang penilaiannya dilaksanakan pada 12-15 Agustus 2019. (suherman karim)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top