ikut bergabung

Lahan di Palaraka Terbakar, Damkar Gowa Padamkan dalam 20 Menit

Suasana pemadaman lahan yang terbakar di Lingkungan Palaraka, Parangbanoa, Kecamatan Pallangga.

Sulsel

Lahan di Palaraka Terbakar, Damkar Gowa Padamkan dalam 20 Menit

GOWA, UJUNGJARI.COM — Meski kobaran api dk tengah siang bolong cukup besar namun upaya Dinas Damkar Gowa dalam memusnahkan nyala api tidak sia-sia hanya dalam hitungan kurang dari 20 menit kobaran api yang melalap lahan kering di Lingkungan Palaraka, Kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa bisa teratasi.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 10.47 Wita, Senin (7/10/2019) tadi. Lahan semak yang terbakar adalah lahan milik seorang warga bernama H Tula.

Diduga kebakaran yang nyaris memangsa seluruh pohon dalam tanah kosong itu karena puntung rokok yang masih ada baranya.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Damkar Gowa Mustamin Raga yang dikonfirmasi mengatakan kebakaran di atas lahan seluas 20 Are itu menurut warga setempat kemungkinan sumber apinya adalah puntung rokok.

“Iya Satgas Damkar kami sudah turun ke lokasi sebanyak satu unit dengan kapasitas 8.000 liter. Sempat terhalang mobil mogok sehingga sedikit lambat tiba di TKP. Tapi sekarang apinya sudah padam tidak sampai 30 menit lah apinya sudah tidak ada lagi,” jelas Mustamin Raga.

Terpisah Kadis Damkar Gowa Rostam Razak mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaannya saat ini disebabkan tingkat kekeringan cukup tinggi sehingga sangatlah rentang terjadi kebakaran.

” Sejak tiga bulan terakhir kejadian kebakaran cukup merutin sebab didukung kondisi kemarau yang cukup tinggi. Bukan hanya rumah tapi juga sejumlah lahan di beberapa wilayah di Gowa sudah mengalami kebakaran. Karena itu kami imbau agar masyarakat waspada. Jangan buang puntung rokok sembarang matikan dulu baranya baru buang. Begitu juga alat penerangan lilin atau arus pendek atau kompor gas dan kompor minyak agar senantiasa diperiksa sebelum bepergian dan lain-lain,” imbau Rostam. (saribulan)

Komentar Anda

Channel
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

To Top