ikut bergabung

Warga Satando Tolak Pulau Çamba-Cambang Sebagai Tempat Karantina Covid-19

Sulsel

Warga Satando Tolak Pulau Çamba-Cambang Sebagai Tempat Karantina Covid-19

PANGKEP, UJUNGJARI.COM — Wacana bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid menjadikan pulau Camba-cambang sebagai lokasi karantina pasien covid-19 mengundang reaksi penolakan dari warga pulau Satando.

Warga pulau Satando yang merupakan gugusan pulau yang berada di wilayah kecamatana Liukang Tupabbiring Utara kabupaten Pangkep ini, ramai-ramai berkumpul dan membentangkan spanduk penolakan atas rencana pemerintah menempatkan pulau Camba-cambang sebagai lokasi karantina penderita corona.

Warga berteriak dan menolak ada pulau disekitar pulau Satando yang menjadi tempat penampungan orang-orang yang dinyatakan positif wabah covid-19.

Penolakan ini kemudian direkam melalui video dan disebar di medsos.

Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pangkep melalui dr Annas Ahmad, Selasa(31/3) menyatakan wacana Pemkab akan melakukan isolasi pada orang dalam pemantauan (ODP) di pulau Camba-cambang.

“Gagasan ini sedang dalam tahap evaluasi kelayakan dan persiapan pelaksanaan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pangkep. Munculnya wacana tersebut
sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam upaya percepatan penanganan penularan covid19 yang terus meningkat jumlahnya setiap hari di negara kita,” kata dr Annas.

Upaya ini sama sekali tidak bermaksud mengorbankan pihak lain atau orang-orang tertentu terutama pada masyarakat pulau tetangga terdekat, lanjut dokter ahli bedah ini.

“Kami berencana melakukan isolasi orang dengan kriteria ODP di tempat tertentu karena pertimbangan, agar proses isolasi dapat terus dipantau oleh petugas kesehatan, para ODP dapat terjamin nutrisinya sebagai bentuk peningkatan daya tahan tubuh, dan para ODP benar-benar disiplin dalam masa karantina dengan mengedepankan azas-azas kemanusiaan dan tidak beresiko bagi keluarga dirumah,” jelasnya. (udi)

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top