ikut bergabung

Penyaluran BST, Warga Berdesak-desakan di Kantor Pos Sinjai, Abaikan Sosial Distancing

Suasana penyaluran BST di kantor Pos Sinjai warga tak ada jarak.

Sulsel

Penyaluran BST, Warga Berdesak-desakan di Kantor Pos Sinjai, Abaikan Sosial Distancing

SINJAI, UJUNGJARI.COM — Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk warga Sinjai yang terdampak pandemi covid-19 sudah dicairkan pihak terkait.

Namun proses pengambilannya di kantor Pos Indonesia cabang Sinjai, ini justru memicu terjadinya kerumunan dan melanggar protokol kesehatan sosial distancing ataupun phisycal distancing. Ratusan masyarakat berkumpul di depan dan di dalam gedung kantor Pos.

Dimasa pandemi covid-19 ini tentu berbagai dampak dialami masyarakat selain kesehatan tentu masalah ekonomi menjadi salah satu masalah yang sangat serius.

Dalam upaya pemenuhan itu tentu ada hal yang penting untuk dilakukan yaitu mengenai cara memberi atau membagikan bantuan tersebut.

Upaya pembagian bantuan yang pemerintah lakukan hari ini di satu sisi ditujukan untuk memberi kemudahan namun disisi lain justru mempermudah penularan (covid-19).

Ratusan masyarakat yang berkumpul di gedung kantor pos berdesakan untuk mengambil jatah bantuan tidak menerapkan physical distancing.

Pantauan Ujungjari.com, ratusan orang yang datang dari empat kelurahan di Kabupaten Sinjai berkumpul dan berdesak-desakan untuk mengantri. Bahkan petugas pos kewalahan untuk mengatur warga.

Kepala Kantor Pos Sinjai Utara Hamsah, Rabu (20/5/2020) mengatakan, waktu masih pagi pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar tetap menjaga jarak atau physical distancing namun karena semakin banyak masyarakat sehingga tidak bisa lagi dikendalikan.

“ Kami tidak bisa lagi kendalikan karena masyarakat tidak bisa lagi diatur mereka tetap berhimpitan masuk, namun kami tetap berusaha bersama petugas untuk tetap mengatur jalannya penerimaan ini,” kata Hamzah.

Hamsah mangatakan,  hari ini ada 4 kelurahan yang dijadwal dibagikan bantuan sosial tunai (BST) yakni Keluruhan Bongki, Alehanuae, Lamatti Rilau dan Biringere.

“ Dalam pembagiannya tetap mengunakan jadwal, jadi siapa yang duluan datang itu yang akan dilayani, sehingga kami memperbanyak tempat pembayaran yang tadinya cuma dua, kami jadikan empat orang,” katanya.

Menurut salah satu penerima BST mengatakan, dia datang pagi karena dia mendapatkan panggilan dari pihak kantor Pos Sinjai Utara.

“ Kalau yang kudengar tadi kelurahan Biringere jadwalnya pagi. Makanya saya datang pagi. Tapi tetap banyak orang karena dari Biringere bukan hanya saya,” kata warga tersebut.-

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top