ikut bergabung

38 Pengunjung Pasar di Sungguminasa Terjaring Tim Ops Yustisi

Saat Tim Gabungan Ops Yustisi menggerebek Pasar Induk Minasamaupa Gowa.

Berita

38 Pengunjung Pasar di Sungguminasa Terjaring Tim Ops Yustisi

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sejumlah anggota tim gabungan Ops Yustisi masing-masing Polres, Kodim 1409 dan Satpol PP Gowa menyasar Pasar Induk Minasamaupa dan Pasar Rakyat Sungguminasa yang terletak di Kecamatan Somba Opu, Kamis (24/9/2020) siang.

Tim Ops Yustisi yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Gowa AKP Alhabsi ini menggerebek para pedagang dalam dua pasar dalam kota Sungguminasa tersebut.

Gerebek pasar ini dilakukan, kata AKP Alhabsi, sebagai tindak lanjut operasi yustisi yang sampai kini masih terus dilakukan jajaran TNI-Polri di Gowa guna penegakan penerapan Perda Wajib Masker dan Protokol Kesehatan.

” Tim ini kita bagi dua titik masing masing di Pasar Minasamaupa dekat jembatan Kembar dan Pasar Rakyat Sungguminasa,” jelas AKP Alhabsi usai apel tim Ops Yustisi di pelataran kantor Pemkab Gowa.

Beberapa pengunjung pasar maupun pedagang yang ditemui tidak memakai masker ataupun salah penempatan maskernya, langsung ditegur baik secara tertulis maupun lisan.

” 24 orang pedagang maupun konsumen kita beri teguran lisan dan 14 orang lainnya ditegur tertulis. Jadi total pelanggar sebanyak 38 orang, diantara 38 orang yang ditindak pada umumnya membawa masker namun tidak terpasang pada tempatnya ” jelas Kasat Sabhara.

 

Pemerintah Kabupaten Gowa terus berupaya untuk menekan angka penyebaran covid-19, salah satu caranya adalah dengan

meningkatkan kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan melalui kegiatan operasi yustisi yang dilakukan setiap harinya di berbagai tempat.

Perwira Pengendali Operasi Yustisi di Pasar Induk Minasamaupa, Iptu Amir Pappa mengatakan, pihaknya menjalankan operasi yustisi ini berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta Peraturan Bupati Gowa melalui Perda Wajib Masker Nomor 25 tahun 2020.

” Fokus utama dalam operasi yustisi yang kita lakukan di pasar adalah melakukan razia masker. Setiap warga yang beraktivitas di luar rumah baik itu pengunjung pasar maupun pedagang asongan dan lainnya diwajibkan menggunakan masker tanpa kecuali, terlebih anak-anak yang ada di pasar,” kata Iptu Amir Pappa.

Terpisah Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola mengatakan, gerebek pasar ini adalah salah satu cara untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, karena sebagian masyarakat masih banyak yang bandel, sehingga rutin setiap hari disampaikan melalui operasi yustisi,” tegas Boy. (sar)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top