ikut bergabung

Sosialisasi di Kindang, HM21 Janjikan Kesejahteraan Petani

Politik

Sosialisasi di Kindang, HM21 Janjikan Kesejahteraan Petani

BULUKUMBA, UJUNGJARI — Pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati Bulukumba, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking akan fokus membenahi bidang pertanian. Paslon nomor urut 1 ini menggagas “Petani Bangkit dan Sejahtera”. Hal itu juga disampaikan saat menghadiri kampanye dialogis di Desa Somba Palioi, Desa Sipaenre dan Kelurahan Borong Rappoa Kecamatan Kindang, Selasa, 3 November 2020.

Menurutnya, program pertanian harus jadi skala utama. Sebab jika terkelola dengan baik khususnya dalam bidang pertanian maka akan menjamin ketersediaan pangan.

“Jika ketersediaan pangan bisa terpenuhi maka dengan sendirinya bakal lebih meningkatkan lagi kesejahteraan masyarakat khususnya petani. Nah ini juga menjadi perhatian kita ke depan dengan luasnya lahan pertanian di Bulukumba khususnya di Kecamatan Kindang maka realisasi program pertanian bisa kita maksimalkan,” ungkap AHP di hapadan warga Desa Somba Palioi.

Dihadapan warga Ia mengatakan bahwa permasalahan yang ada di petani adalah sulitnya mendapat subsidi pupuk. Selain itu, pemasaran produk hasil pertanian  kurang menguntungkan petani.

“Salah satu program yang akan kami benahi adalah bidang pertanian yang diharapkan bisa bangkit dan sejahtera. Dan itu akan menjadi prioritas kami ketika diamanahi menjadi pemimpin,” tuturnya.

AHP menjelaskan, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kembali sektor pertanian guna menunjang ketersediaan pangan.  Pertama, memberikan secara adil dan merata pupuk bersubsidi kepada para petani yang membutuhkan. Sebab, banyak petani yang mengeluhkan ketersediaan pupuk.

“Pupuk subsidi selama ini masih belum merata penyebarannya. Jadi, kami ke depan akan berkomitmen untuk menyediakan hal tersebut bagi para petani,” ucapnya.

Kedua, akan menggandeng para ahli pertanian guna memaksimalkan program itu sendiri. Hal itu bertujuan untuk mencari beberapa produk hasil tani yang bisa tumbuh di luar masa panen atau “off season”.

“Kadang banyak lahan petani yang menganggur karena off season. Karenanya perlu ada terobosan agar para petani lebih produktif lagi dan bisa menanam komoditas pertanian di tengah off season tersebut,” ungkapnya.

Ketiga, terkait pemasaran produk pertanian, mantan ketua DPRD Bulukumba dua periode ini juga menekankan agar produk petani bisa dibeli dengan harga layak dan dapat dipasarkan dengan sangat baik.

“Pemerintah daerah ke depan memang harus fokus bagaimana menyejahterakan petani. Karena harus diakui mereka adalah garda terdepan untuk ketahanan pangan,” pungkasnya. (*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top