ikut bergabung

Apel Kesigapan Bencana Alam, Taufan Pawe Minta Masyarakat Tanggap Bencana

Sulsel

Apel Kesigapan Bencana Alam, Taufan Pawe Minta Masyarakat Tanggap Bencana

 

PAREPARE,UJUNGJARI–Pemerintah Kota Parepare menggelar Apel Kesiapan Personel dan Peralatan SAR secara serentak dalam rangka antisipasi dan penanganan bencana. Apel yang dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) ini digelar di Lapangan Andi Makkasau, Minggu, 15 November 2020.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sekalu pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, apel kesiap siagaan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka menghadapi dan mengantisipasi bencana alam, di tengah musim penghujan atau cuaca ekstrim yang bisa terjadi di Kota Parepare.

“Apel ini wujud tanggung jawab dan solidaritas antar institusi untuk mengantisipasi bencana alam. Pelaksanaan apel ini dapat membawa dampak positif dan situasi aman terkendali sekaligus memberikan rasa aman, nyaman, dan tertib kepada seluruh masyarakat Kota Parepare,” kata TP akronim namanya.

Wali Kota Parepare dua periode ini berharap, seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat harus tanggap terhadap bencana. Bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini menambahkan, penanggulangan bencana tidak lagi dititikberatkan hanya pada penanganan kedaruratan, namun lebih kepada upaya pengurangan resiko bencana sehingga menuntut adanya kesiagapan semua pihak.

“Kondisi kebencanaan di Kota Parepare yang berisiko tinggi terjadinya bencana seperti angin kencang, banjir, tanah longsor sehingga diperlukan penanggulangan bencana yang terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh,” jelasnya.

Taufan Pawe juga mengatakan pentingnya sinergitas seluruh stakeholder dalam penanganan bencana maupun mitigasinya. Dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) tanggap darutat, sinergitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI-Polri, SAR dan lainnya, bahwa setiap ada bencana tidak boleh berjalan sendiri-sendiri.

“Dalam penanggulangan ini Polri memiliki peran penting. Selain membantu kemanusiaan, polisi sekaligus bertugas menjaga keamanan wilayah bencana. Seperti menjaga pemukiman warga yang ditinggalkan mengunsi. Karena hal itu sangat rawan terjadi pencurian. Sehingga kehadiran polisi memang sangat diperlukan,” pungkasnya.(Mup).

 

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top