ikut bergabung

Museum Tampa Koleksi Tak Akan Hidup

Sulsel

Museum Tampa Koleksi Tak Akan Hidup

MAKASSAR,UJUNGJARI– Museum Tampa koleksi tak akan akan bisa hidup. Karena koleksi merupakan ruh dari sebuah museum.
Hal ini menjadi salah satu dasar dilaksanakannya workshop pengelolaan koleksi museum oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPT Museum dan Taman Budaya,
Kegiatan workshop pengelolaan koleksi museum di buka oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel,Kemal Redindo Syahrul Putra SH, MH, 4 November 2020 di Hotel Grand Asia Makassar.
Workshop kali ini bertemakan
meningkatkan pemahaman pengelolaan koleksi dan peran penting museum.

Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Ernawati Asikin mengatakan, pengelola museum tidak boleh berhenti dalam melengkapi koleksinya. Agar museum akan selalu hidup.
“Ragam koleksi tentunya bertujuan menyelamatkan warisan sejarah alam dan budaya. Sekaligus mendukung penyebaran informasi akan kekayaan sejarah dan budaya satu daerah,”terang Ernawati.

Ditambahkan pula Sekdis Disbudpar Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra SH, MH, pengelolaan koleksi museum mesti memperhatikan berbagai hal seperti perencanaan dilakukan secara benar dan teliti, sesuai dengan kebutuhan akan koleksi. Selain itu mesti mengacu pada aturan pengelolaan koleksi yang terkait pengamanan tempat koleksi, perlindungan dan penyediaan tempat.
“Koleksi museum mesti memiliki unsur menambah kekayaan intelektual sejarah hingga memberi multiplier effek bagi masyarakat,”tuturnya. (*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top