ikut bergabung

Koleksi Museum Perkuat Sejarah

Sulsel

Koleksi Museum Perkuat Sejarah

MAKASSAR,UJUNGJARI–Pengelolaan koleksi museum sangatlah penting guna mendukung eksistensi yg ini sejarah satu daerah atau bangsa. Inilah yang mendasari pihak Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan Melalui UPT Museum dan Taman Budaya menggelar workshop pengelolaan koleksi museum tahap 2, Rabu 8 September 2020, di Hotel Grand Asia.
Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan Ernawati Asikin mengatakan, workshop ini juga merupakan salah satu simposium bertujuan mempertemukan peneliti, akademisi dan stakeholder guna saling bersinergi. Termasuk peningkatan pemahaman pengelolaan, koleksi dan peran penting museum.
Pemateri Workshop H Mukhtar menjelaskan, sekaitan dengan pengelolaan koleksi museum, museum merupakan lembaga mengumpul, mencatat dan merawat serta melestarikan benda-
benda wirsan budaya, baik dari masa lampau maupun hingga pada masa kini.
” Melestarikan budaya sangat beragam dan berpola pada prinsip-prinsip tertentu. Seperti melestarikan dokumen
budaya manusia, yang berupa benda warisan budaya, maupun foto. Hal ini juga sangat erat kaitannya dengan penggunaan anggaran untuk merealisasikannya,”jelasnya. (*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top