ikut bergabung

Pemkab Pangkep Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Sulsel

Pemkab Pangkep Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

PANGKEP, UJUNGJARI.COM –Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemkab Pangkep, setelah meraih opini wajar tanpa pengecualian( WTP) diatas lima tahun secara berturut-turut.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Keuangan RI, Sry Mulyani diwakili oleh Kepala KPPN Makassar I, Toding Luther kepada wakil bupati Pangkep Syahban Sammana, di ruang kerja bupati Pangkep, Jumat (12/11).

Kepala KPPN Makassar I, Toding Luther, mengatakan, sedianya penghargaan ini diserahkan langsung menteri keuangan. Akan tetapi, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga piagamnya dikirim dan diwakilkan untuk penyerahan.

Piagam penghargaan ini lanjutnya, diberikan kepada daerah yang telah mendapat predikat WTP 5 kali berturut-turut.

“Penghargaan ini, khusus untuk Pemda yang mendapat WTP 5 kali berturut-turut atau lebih,” jelasnya.

Pelaksana tugas kepala dinas pengelola keuangan daerah(DPKD) Pangkep, Asri mengatakan, pemerintah daerah akan terus mempertahankan predikat WTP.

Olehnya itu, berbagai upaya terus dilakukan. Pasalnya, untuk mendapatkan opini WTP yang dinilai adalah laporan keuangan. Laporan keuangan SKPD/OPD dikonsolidasi menjadi laporan keuangan daerah.

“Kita lakukan pembinaan, bimtek dan sosialisasi terkait pengelolaan keuangan daerah. Karena kita tahu, pengelolaan keuangan daerah seringkali berubah regulasinya. Itu yang terus disosialisasikan ke OPD. Khususnya manajemen aset, perlu dilakukan penertiban, pembukuan yang bagus. Itu yang menjadi syarat mendapatkan WTP,” jelasnya.

Pemkab Pangkep telah menerima predikat WTP sebanyak 10 kali. Sembilan kali diantaranya diraih secara berturut-turut.

WTP diraih sejak tahun 2012, hingga tahun 2020.

“Mudah-mudahan tahun 2021 ini, kita bisa raih WTP kembali,” katanya lagi.(Udi)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top