ikut bergabung

Pemkab Barru Raih Swasti Saba Wistara

Sulsel

Pemkab Barru Raih Swasti Saba Wistara

BARRU, UJUNGJARI.COM — Untuk kedua kalinya Kabupaten Barru meraih penghargaan sebagai kabupaten kota sehat( KKS). Raihan ini mencatatkan jika daerah yang dipimpin Bupati Suardi Saleh pantas kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan level penghargaan tertinggi setelah Wiwerda dan Padapa dari Kemenkes RI dan Kemendagri RI.

Di Sulawesi Selatan sendiri ada empat belas kabupaten kota berhasil meraih penghargaan Anugerah Swasti Saba dari Kemenkes RI dan Kemendagri RI, melalui program Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2021.

Adapun 14 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan KKS, setelah dinyatakan lolos verifikasi oleh tim yang diturunkan dari pusat, antara lain Kabupaten Barru, Pinrang, Soppeng, Bantaeng, Wajo, Luwu, Gowa, Takalar, Sinjai, Jeneponto, Enrekang, Luwu Timur, serta Kota Parepare dan Palopo

Saat menerima penghargaan, Bupati Barru Suardi Saleh, didampingi Ketua TP. PKK Kab. Barru selaku Ketua Forum KKS drg. Hj. Hasnah Syam, MARS, hadir secara virtual pada acara penganugerahan penghargaan Swasti Saba di ruang Barru Smart Information Centre (BASIC) Kantor Bupati Barru, Rabu (17/11).

Penghargaan Swasti Saba Wistara ini adalah penghargaan level tertinggi yang kedua kalinya untuk Kabupaten Barru sejak 2019 dan 2021. Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen Desa/Kelurahan dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

Bupati Barru Suardi Saleh menjelaskan, program KKS dilakukan dengan tujuan agar tercapai kondisi Kabupaten yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program-program kesehatan lainnya. Selain itu, KKS merupakan apresiasi dari pemerintah pusat.

“Penghargaan KKS adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan,” kata Suardi.

Bupati Barru dua periode inj menyatakan, capaian ini tak terlepas dari arahan dan pembinaan langsung Ketua TP. PKK Barru selaku Ketua Forum KKS bersama seluruh instansi terkait untuk menjaga daerah tetap bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat.

Dalam penerimaan penghargaan kabupaten kota sehat( KKS) ini, turut disaksikan Kadis Kesehatan dr. Amir Rifai, Kadis Lingkungan Hidup Drs. Taufik Mustafa, M.Si, Plt. Kepala Bappeda Umar S, SKM, M.Kes.

Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Fadly R. Pawae, S. STP. M. Si. Kadis Pertanian Ir. Ahmad, MM, Kadis Perhubungan Drs. Anshar Tahir, M.Si, Kadis Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Andi Takdir, SE, M.Si, Kadis Pariwisata Andi Syarifuddin, S.IP, M.Si, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Yossi Febrisia, S.STP.  (Udi)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top