ikut bergabung

NLR Gelar SUKA Goes to Campus, Aksi Nyata Mahasiswa Untuk Kusta

Makassar

NLR Gelar SUKA Goes to Campus, Aksi Nyata Mahasiswa Untuk Kusta

MAKASSAR, UJUNGJARI— Program Suara Untuk Indonesia Bebas dari Kusta( SUKA) digelar NLR bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin di ruang sidang Program Doktor Fakultas Kedokteran Unhas, Kamis(25/5).

Kegiatan SUKA Goes to Campus ini dilaksanakan untuk mendorong adanya gerakan kampus dalam mengeliminasi penyebaran penyakit kusta. Apalagi posisi Indonesia masih menempati peringkat ketiga dunia setelah India dan Brazil.

Untuk kasus kusta di Indonesia dengan jumlah kasus kusta tahunan antara 15.000 hingga 17.000. Kasus tersebut selama lebih dari satu dekade. Hal ini karena selain pengetahuan publik yang minim tentang penyakit menular ini, minat terhadap penyakit kusta di kalangan mahasiswa ilmu kesehatan tidak setinggi minat terhadap penyakit lainnya.

Peran akademisi (dunia kampus) merupakan salah satu unsur penting untuk mendukung Indonesia bebas kusta. Partisipasi dunia kampus sebagai agent of change/agen perubahan dalam mengatasi gap informasi kesehatan yang valid dan meningkatkan motivasi generasi muda dalam keterlibatannya pada isu kusta.

Oleh karena itu, NLR Indonesia bersama KBR dan Universitas Hasanudin Kota Makassar melakukan kegiatan SUKA Goes To Campus untuk meningkatkan pengetahuan warga kampus dan mendorong aksi nyata khususnya mahasiswa ilmu kesehatan tentang penyakit tropis terabaikan yang salah satunya adalah kusta.

Kegiatan ini bertopik “Aksi Nyata Mahasiswa untuk Kusta!”. Acara ini menghadirkan beberapa pembicara dan orang yang pernah mengalami kusta.

Baca Juga :   Pemkot Makassar Gelar Family Gathering di Tokka Moncongloe

Aksi nyata ini menampilkan narasumber, Prof. Dr. Mochammad Hatta, Ph.D, SpMK (K), Guru Besar Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin. Ernawati, SKM, MKes, Sub.Koord Pengendalian Penyakit Menular dan Wasor Kusta Propinsi Sulawesi Selatan, dr. Riby Machmoed, MPH, Technical Advisor NLR Indonesia.Angga Yanuar, Inclusion and Disability Program Manager, NLR Indonesia. Ardiansyah, Orang Yang Pernah Mengalami Kusta dan Ketua PerMaTa Bulukumba.

Direktur Eksekutif NLR Indonesia, Asken Sinaga dalam sambutannya mengapresiasi pihak UNHAS, para pemateri dan peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Mahasiswa diharapkan sebagai agent of change, cendikiawan dan penggerak perubahan kearah yang lebih baik dapat meningkatkan motivasi dalam memberikan sumbangsih pada penanganan kusta di Indonesia melalui pengetahuan, penelitian, pengabdian dan pengembangan pada isu kusta yang komprehensif dan inovatif di era digital,” ujar Asken.

dibaca : 144

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top