ikut bergabung

Pelaku Koperasi Harus Perkuat Managemen Usaha

KOPERASI. Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin bersama salah satu pemateri dari lembaga perkoperasian memberikan materi terkait kiat meningkatkan produktifitas dalam mengelola koperasi di Gowa. (foto/ist)

Sulsel

Pelaku Koperasi Harus Perkuat Managemen Usaha

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Kabupaten Gowa Mahmuddin mengatakan Pemerintah Kabupaten Gowa setiap tahunnya memprogramkan pembinaan dan bimbingan SDM pengelola koperasi. Program ini merupakan wujud kepedulian Pemkab dalam menciptakan koperasi berkualitas, sehingga koperasi sangat diharapkan untuk membina pelaku usaha mikro kecil.

Hal itu dikatakan Mahmuddin saat membuka pelaksanaan pemberdayaan peningkatan produktivitas, nilai tambah, akses pasar, akses pembiayaan, penguatan kelembagaan, penataan managemen, standarisasi dan restrukturisasi usaha koperasi kewenangan kabupaten kota di aula Dewi Sri Fish dan Resto Jl Poros Malino, Panggentungang, Jumat (25/8/2023).

Dalam kegiatan yang dihadiri para pengelola koperasi dan pelaku usaha kecil mikro se Gowa ini, Mahmuddin mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan koperasi.

“Karena itu diharapkan para pengurus koperasi khususnya di Kabupaten Gowa dapat mengembangkan koperasi, mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah serta memperkuat managemen kelembagaan dan managemen usahanya, ” kata Mahmuddin.

Dikatakan Kadis Koperasi dan UKM ini bahwa kegiatan ini dilakukan agar para pengelola koperasi kembali menggiatkan tata kelola managemen koperasi yang patuh regulasi sehingga menjawab tantangan kedepan.

“Ini sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sebagaimana peran koperasi sebagai alternatif rasional dalam meningkatkan perekonomi masyarakat. Karena itu kami senantiasa mengharapkan agar koperasi memiliki kredibilitas yang tinggi untuk anggotanya serta masyarakat pada umumnya. Perlu dipahami bahwa koperasi dibangun dari oleh dan untuk anggota, maka pemerintah daerah dalam pemberdayaan koperasi dan UKM memberikan iklim yang kondusif untuk mendorong peningkatan kualitas koperasi melalui pembinaan dan pengawasan serta penguatan modal koperasi, ” tambahnya.

Baca Juga :   Sukses Kembangkan Ternak Sapi, Dandim 1405 Apresiasi Kerja Keras Babinsanya Ini

Dalam kegiatan itu para pengelola koperasi aktif berdiskusi selain menerima materi tentang perkoperasian yang difasilitasi jajaran Dinas Koperasi dan UKM Gowa. –

dibaca : 55



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top