ikut bergabung

Disdukcapil Bulukumba Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Sulsel

Disdukcapil Bulukumba Terapkan Tanda Tangan Elektronik

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba kini telah menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) di dokumen kependudukan.

Penerapan TTE lebih luas ini dianggap mampu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bulukumba, A. Muliaty Nur mengatakan, TTE telah diterapkan di dokumen kependudukan, yaitu pada pengurusan Kartu Keluarga (KK). Dan kini penerapan TTE akan diperluas nantinya.

“Sekarang kami rintis aplikasinya. Kalau alat aplikasi mendukung maka dokumen yang lain seperti, akte kelahiran, surat untuk pindah keluar, akte kematian, akte pengesahan anak, dan akte pengakuan anak akan kita terapkan pula,” katanya, Jumat (6/9/2019).

“Dua Bulan lalu kita sudah lakukan uji coba TTE di dokumen Kartu Keluarga. untuk akhir bulan ini kita akan coba Akta Kelahiran. Dan tentunya kedepan kami akan coba menambah menjadi beberapa dokumen kependudukan yang bisa kita tandatangani secara elektronik,” jelas Muliaty.

Penerapan TTE ini merupakan tindak lanjut dari amanat pasal 5 ayat (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2019, tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring guna memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan aman.

TTE pada penerbitannya menggunakan Quick Record (QR) Code tanpa ada tanda tangan basah dan stempel dinas. Untuk mengetahui keabsahan data, bisa diketahui dengan QR Scanner.

Penerapan TTE pada dokumen kependudukan secara daring ini, masyarakat akan mendapat pelayanan lebih cepat. Mengingat beberapa prosedur pelayanan dokumen kependudukan menjadi terpangkas.

Dimanapun dan kapanpun pengurusan dokumen yang menggunakan TTE, bisa dilakukan. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Disdukcapil untuk menghambat pelayanan kepada masyarakat.  (min)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top