ikut bergabung

Bawaslu Soppeng Ingatkan Waspada Informasi Hoaks

Politik

Bawaslu Soppeng Ingatkan Waspada Informasi Hoaks

SOPPENG, UJUNGJARI.COM — Masyarakat diimabu agar dalam pelaksanaan Pilkada Soppeng tahun ini untuk tidak mudah menyebarkan informasi hoaks dan ujaran kebencian. Sebab bisa saja dianggap mencederai Pelaksanaan Pilkada.

“Ada hukuman pidana dan denda yang mengancam bagi mereka yang terbukti menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian,” imbuh Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng Winardi S.Sos, Ahad (7/11/2020).

Menurut Winardi, dalam Undang Undang ITE) Pasal 28 ayat (1) bahwa penyebar informasi hoaks bisa terancam dengan pidana maksimal enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Juga ada larangan di UU Pilkada yang dituangkan dalam Surat Edaran Bawaslu RI No.0589 tentang Pengawasan konten internet pada Pemilihan kepala daerah tahun 2020.

“Jadi bagi yang suka mengirimkan kabar/berita bohong (Hoaks), dan ujaran kebencian atau bahkan cuma sekedar iseng mendisribusikan (Forward), harapki berhati hati ancamannya tidak main main,” tegas Winardi.

Lebih lanjut Winardi mengatakan dalam mencegah potensi pelanggaran Pilkada. Demi suksesnya pelaksanaan Pilkada Soppeng, kami Bawaslu kabupaten Soppeng sekali lagi mengimbau dan meminta kepada masyarakat agar bijak saat mendapat pesan berantai yang sekiranya itu adalah hoaks dan atau mengandung ujaran kebencian.

“Teliti dulu dan jangan lansung menforward kepada yang lainnya,” tutup Winardi.  (Tono)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top