ikut bergabung

Kantongi Banyak Data, HM21 Dinilai Kuasai Panggung Debat Pilkada Bulukumba

Politik

Kantongi Banyak Data, HM21 Dinilai Kuasai Panggung Debat Pilkada Bulukumba

 

BULUKUMBA, UJUNGJARI — Debat kandidat Pilkada Bulukumba 2020 putaran pertama telah selesai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Jumat (6/11/2020) malam.

Debat yang dimulai pukul 19:30 WITA berlangsung di Ball Room hotel Gammara, kota Makassar berjalan lancar, aman dan tertib meski sejumlah pendukung tetap mengawal masing-masing kandidat pasangan calonnya ke arena debat.

Debat pertama memang telah usai, namun hasil dari adu gagasan paslon Pilkada Bulukumba ini menuai banyak kesan.

Publik menilai jika ada paslon yang berhak diberi gelar penguasaan panggung yang baik, maka mereka adalah paslon nomor urut 1 Andi Hamzah Pangki-Andi Murniayati Makking atau HM21 dan paslon nomor urut 2 Askar HL-Arum Spink atau Bulukumba Asik.

Publik menilai itu lantaran HM21 dinilai paslon yang mengantongi banyak data soal Bulukumba terlebih figur ketua partai Golkar Bulukumba ini adalah mantan ketua DPRD Bulukumba dua periode.

Hal ini diyakini mampu mendongkrak elektabilitas pasangan HM21 dan Bulukumba Asik di Pilkada Bulukumba.

“Paslon 1 banyak menguasai permasalahan yang diajukan oleh 3 paslon rivalnya. HM21 memaparkan dan menjawab dengan data. Ini keunggulan Hamzah Pangki sebagai mantan ketua DPRD Bulukumba dua periode,” ujar salah seorang tokoh masyarakat kecamatan Kindang, Karaeng Mallanti, Jumat malam.

“Sedangkan paslon nomor 2 banyak memaparkan konsep program yang bagus dengan terobosan,” tambahnya.

Menariknya kata dia, dalam debat pemandangan sejuk juga ditujukan Paslon 1 dan 2 dengan membuat suasana cair. Saling puji dan support program pun dipertontonkan. Sesekali mereka saling menyapa pada saat jeda atau break.

“Ini yang menarik dan tidak terlihat pada paslon lain, suasana cair dipertontonkan dengan saling puji dan support program. Saat jeda iklan pun tak kalah menarik, mereka saling sapa dengan akrab dan tidak memperlihatkan ketegangan. Ini yang perlu diketahui publik karena dilayar kaca mungkin tidak terlihat,” jelas Karaeng Mallanti.

Sementara, dalam pantauan media dalam debat. Sejak sesi pertama pada pemaparan visi misi dan program, Andi Hamzah Pangki dinilai tak egois dengan mengoper pemaparan programnya ke calon wakilnya, Andi Murniayati Makking, Bahkan HM21 disebut jadi penyeimbang debat antara paslon. Bulukumba Asik pun demikian.

Dalam memberikan tanggapan dan pertanyaan bagi rivalnya, HM21 lebih santun namun bermakna.

Seperti pada pendalaman visi misi program, dimana pertanyaan panelis debat yang dibacakan lewat selembar kertas oleh moderator mempertanyakan tentang pemberdayaan dan pelibatan pemuda dalam membangun daerah.

Pasangan Bulukumba asik berjanji akan lebih memperhatikan pemuda lewat program enterpreneur Asik dengan mencetak pengusaha muda.

“Lewat program enterpreneur Asik kita jadikan pemuda sebagai ujung tombak daerah,” ujar calon Bupati Askar HL dalam debat.

Berbeda dengan HM21 yang berkomitmen akan melibatkan penuh pemuda kedepannya namun ia mengaku tak ingin berhanji berlebihan diawal.

“Kami HM21 tak ingin berjanji macam-macam ini dan itu atau memgagaas program luar biasa untuk pelibatan pemuda dan Milenial. Diawal nanti kami ingin ada landasan atau aturan yang jelas untuk pelibatan pemuda. Kami ingin buatkan perda dan Perbub dulu, jika landasan kepemudaan kita jelas baru kita kasi anggaran, baru kita support mereka untuk berbuat dan berkarya untuk daerah,” jelas Andi Hamzah Pangki disambut tepuk tangan peserta debat.

Tak sampai disitu, penampilan memukau HM21 juga diperlihatkan kala membahas soal angka pengganguran di Bulukumba. Saat membahas ini HM21 saling respon dengan kandidat petahana wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto yang berpasangan Andi Makkasau.

Dalam penyampaiannya, TSY, akronim (Tomy Satria Yulianto) mengklaim berhasil menurunkan angka pengangguran dalam pemerintahan bersama Bupati Andi Sukri Sappewali.

“Keberhasilan pemerintah menurunkan angka kemiskinan. Saat ini angka kemiskinan Bulukumba berada di angka 3 persen lebih,” klaim TSY.

Data tersebut dibantah Andi Hamzah Pangki, ia menjawab dengan data yang dimilikinya bahwa saat pemerintahan Sukri-Tomy ia masih menjabat sebagai ketua DPRD hingga masuk tahun ketiga pemerintahan Sukri-Tomy.

Menurutnya, pengentasan pengaturan di kepemerintahan Sukri-Tomy tidaklah terjadi perubahan secara signifikan namun hanya merengsek turun sedikit dari pemerintah sebelumnya yakni warisan Zainuddin Hasan yang memang sudah mencapai angka 3 persen.

Olehnya ia berkomitmen, jika HM21 menahkodai Bulukumba maka akan mengoptimalkan pembukaan lapangan kerja dengan mencetak pekerja.

“InsyaAllah jika HM21 diberi amanah, Balai Latihan Kerja (BLK) yang Bulukumba miliki namun tidak berjalan, akan kami optimalkan. HM21 bercita-cita mencetak tenaga kerja dengan mengoptimalkannya, kita latih, kita bekali, kita asah keterampilannya. Bahkan kaum perempuan khususnya ibu-ibu juga. Lalu kita akan bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa tenaga kerja. HM21 juga punya itu. Bekerjasama dengan perusahaan luar negeri juga kita punya,” pungkas Hamzah Pangki.(*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top