ikut bergabung

Panwaslu Ujung Loe Launching Kampung Demokrasi dan Anti Politik Uang

Politik

Panwaslu Ujung Loe Launching Kampung Demokrasi dan Anti Politik Uang

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Jelang hari pemungutan suara 9 Desember, Panwaslu Kecamatan Ujung Loe launching kampung demokrasi dan anti poltik uang di Desa Balong, Kamis (12/11/2020).

Ketua Panwaslu Kecamatan Ujung Loe, Gusti Randa, AS menjelaskan launching kampung demokrasi dan anti politik uang ini sebagai kegiatan yang berkelanjutan, tidak sekedar kegiatan formalitas dan seremonial semata, akan tetapi ini adalah langkah awal kita melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif agar tercipta suasana pemilihan yang jauh dari kesan pragmatis.

Senada dengan itu, anggota Bawaslu Bulukumba Divisi Pengawasan Abdul Rahman mengatakan langkah ini dilakukan sebagai upaya membangun kesadaran demokrasi untuk Pilkada Bulukumba yang berintegritas.

Launching ini dilakukan atas dasar kesamaan pandangan antara Pengawas Pemilu dengan masyarakat Desa Balong untuk bersama-sama mengawasi dan menolak politik uang serta praktik-praktik pelanggaran atau kecurangan lainnya.

“Kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi harus kita bangun dengan baik, apabila masyarakat telah sadar maka kita dapat mewujudkan pilkada berintegritas di Bulukumba,” ujarnya.

“Adanya kampung demokrasi dan anti politik uang ini, kita berharap kepada seluruh masyarakat desa balong dapat memberikan contoh yang baik, harus melakukan pencegahan terhadap pelanggaran yang akan terjadi pada proses pilkada 2020,” tambahnya.

“Pada Pilkada 2020 saat ini, kita ingin masyarakat berperan aktif mewujudkan demokrasi yang berkualitas, mencegah terjadinya praktik politik uang serta pelanggaran lainnya untuk terwujudnya Pilkada yang berintegritas”, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Balong Irsan Arif Samra sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Panwaslu Kecamatan Ujung Loe.

“Pemerintah desa Balong mengapresiasi terbentuknya kampung demokrasi dan berharap kedepannya menjadi miniatur percontohan dalam membangun sistem demokrasi yang berkeadilan,” katanya.

“Kita berharap masyarakat desa balong sadar dan berani mengatakan tidak untuk politik uang dan segala macam pelanggaran pemilihan”, ujarnya. (amin)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top