ikut bergabung

Air Bersih Bermasalah, Suardi Sidak RSUD Barru

Sulsel

Air Bersih Bermasalah, Suardi Sidak RSUD Barru

BARRU,UJUNGJARI.COM — Air bersih di RSUD Barru merupakan masalah lama yang tak kunjung selesai. Kini soal kesulitan air itu kembali dirasakan para pasien di Rumah Sakit tersebut. Bahkan hal ini ramai dibicarakan warga net.

Opini publik dimedsos ramai membincangkan tidak lancarnya aliran air bersih ke beberapa ruangan di RSUD Barru. Masalah ini kemudian memantik perhatian dari Bupati Barru Suardi Saleh, sehingga langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke RSUD Barru, Selasa (4/1).

Kepala daerah yang terbiasa menangani hal teknis saat menjadi Kadis PU di dua kabupaten di Sulsel ini, kemudian melakukan pengecekan terhadap debit air yang ada disertai crosscek instalasi.

Ditemukan, permasalahan pokok adalah instalasi perpipaan air minum yang sudah dimakan usia sehingga beberapa titik mengalami rembesan dan kebocoran, akibatnya RSUD Barru yang tempatnya relatif di perbukitan menanjak ini, arus air mengalami penurunan daya dorong untuk dapat maksimal digunakan.

“Ini kita temukan adanya kebocoran akibat pipa sudah tua, jadi saya minta agar buat instalasi baru, apalagi kita butuh 3 ribu metrik kubik air, untuk penuhi kebutuhan disini,” ujar Suardi.

Hal ini, diketahui setelah merunut dan melihat langsung kondisi instalasi serta mengukur pengeluaran pembayaran air ke PDAM yang tidak efisien dari seharusnya 12 juta perbulan, namun terhitung selisih sampai lima jutaan akibat pipa merembes.

Suardi langsung mengintruksikan agar perpipaan untuk kebutuhan air bersih di RSUD Barru, tuntas dalam satu bulan ini.

Disamping itu, Bupati Barru juga memimpin rapat bersama stakeholder Kesehatan termasuk komite medik dan komite keperawatan, bersama pejabat daerah, hal ini untuk menyamakan persepsi pelayanan publik serta menerima masukan atau usulan kebutuhan para pihak.

Bupati dua periode ini berharap, agar permasalahan sederhana yang sifatnya teknis dan dapat segera ditangani agar tidak menjadi perhatian publik.

“Kita harus memulai semuanya dengan niat baik dan sungguh-sungguh, hal seperti ini bisa diselesaikan dengan cepat jika saja dikordinasikan, dikomunikasikan dengan baik, apalagi PDAM itu, Perusahaan Pemda Barru juga,” pungkasnya.

Dalam sidak itu juga diikuti Direktur PDAM Barru H. Suheri Made bersama Dewan Pengawas PDAM Barru, Kadis Kesehatan dr. H. Amis Rifai yang juga Plt. Direktur RSUD Barru bersama jajaran komite medik dan komite keperawatan. (Udi)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top