ikut bergabung

BRI LIGA 1: Bentrok Madura, Saatnya PSM Makassar Bangkit

Olahraga

BRI LIGA 1: Bentrok Madura, Saatnya PSM Makassar Bangkit

DENPASAR, UJUNGJARI.COM — PSM Makassar dan Madura United mengincar kemenangan saat bersua pada laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Sabtu (8/1/2022).

Demi mewujudkan target tiga poin krusial, skuad Juku Eja dan Laskar Sape Kerrab sama-sama telah melakukan pembenahan untuk mendongkrak posisi masing-masing di klasemen BRI Liga 1 2021/2022.

Dari kubu PSM Makassar, manajemen tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu menjalin kerja sama dengan pelatih asal Belanda, Joop Gall, untuk menggantikan peran Milomir Seslija.

Setelah itu, PSM mendatangkan 11 pemain anyar, yaitu Aditya Putra Dewa yang merupakan eks bek kiri PSIM Yogyakarta, Julyano Pratama (Persikabo 1973), Utam Rusdiana (Persekat Tegal), Abu Rizal Maulana (Persiba Balikpapan), Ganjar Mukti, Ferdinad Sinaga, Marinus Wanewar, Delvin Rumbino (Persis Solo), Dallen Doke (Persita Tangerang), Manda Cingi (Semen Padang) dan Rafli Rasul (PSM U-18).

Kehadiran personel anyar ini membuat skuad Juku Eja lebih percaya diri menatap persaingan di putaran kedua. Seperti dikatakan Munafri Arifuddin, CEO PSM Makassar, kepada awak media Makassar.

“Penampilan kami memang kurang stabil di putaran pertama. Tapi, ada sejumlah pertandingan yang seharusnya bisa kami menangkan andai wasit tidak salah membuat keputusan,” kata Munafri.

Dari 11 nama di atas, sosok Ferdinand Sinaga yang paling diharapkan bisa berdampak positif kepada performa PSM. Khususnya kinerja lini depan yang hanya mengoleksi 19 gol dari 17 laga di putaran pertama.

Apalagi, Ferdinand yang baru saja membawa Persis Solo meraih trofi juara Liga 2 2021 paham betul dengan karakter permainan PSM. Sebelumnya, ia tercatat 113 tampil bersama PSM dengan koleksi 44 gol. Bersama Ferdinand, Juku Eja pun meraih trofi juara di Piala Indonesia 2018/2019.

Sinyal Ferdinand bakal tampil pada laga nanti sudah terlihat ketika ia mendampingi Joop Gall pada sesi jumpa media. Kalau berjalan sesuai rencana, Ferdinand diplot sebagai striker utama PSM Makassar. Sedangkan Anco Jansen bermain di posisi naturalnya sebagai gelandang serang untuk menggantikan peran Wiljan Pluim yang belum pulih total dari cedera lututnya.

Seperti PSM Makassar, Madura United juga menambah kekuatan untuk tetap bisa bersaing pada musim ini. Setelah mendatangkan Fabio Lefundes pada November 2020 silam, manajemen Laskar Sape Kerrab menghadirkan tiga penyerang papan atas di kompetisi Indonesia, yakni Renan Silva, Beto Gonçalves dan Greg Nwokolo.

Ketiganya diharapkan menutup kelemahan Madura United dalam hal penyelesaian akhir, di mana dalam 17 laga mereka hanya mengoleksi 21 gol.

Apalagi di lini kedua, Madura United masih memiliki dua gelandang kreatif yang punya potensi mencetak gol. Keduanya adalah Hugo ‘Jaja’ Gomes dan Slamet Nurcahyo.

Dalam berbagai kesempatan wawancara, Fabio Lefundes pun terang-terangan menyatakan dirinya fokus membenahi penyelesaian akhir tim.

“Kami harus fokus pada penyelesaian akhir. Terutama menghadapi PSM,” tegas Fabio Lefundes.

Sebagai catatan, pada pertemuan pertama, kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1. PSM unggul lebih dulu lewat gol Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-36.

Sedangkan gol penyeimbang kedudukan Madura United dicetak oleh Rafael Silva pada menit ke-52. Rafael sendiri memutuskan kembali bergabung di Barito Putera pada akhir Desember lalu. (**)

Perkiraan Susunan Pemain

• PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Serif Hasic, Abdul Rachman (belakang); M. Arfan, Rasyid Bakri, Anco Jansen (tengah); Yacob Sayuri, Ferdinand Sinaga, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Joop Gall

• Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (Kiper): Novan Sasongko, Kadek Raditya, Jaimerson, Rendika Rama (Belakang), Kim Jinsing, Jaja, Slamet Nurcahyo (Tengah) Renan Silva, Beto Gonçalves, Greg Nwokolo (Depan).

Pelatih: Fabio Lefundes

Komentar Anda

Channel

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Olahraga

Populer Minggu ini

Arsip

To Top