ikut bergabung

Kreativitas Siswa, Butuh Motivasi Orangtua dan Kolaborasi dengan Masyarakat

Makassar

Kreativitas Siswa, Butuh Motivasi Orangtua dan Kolaborasi dengan Masyarakat

MAKASSAR, UJUNGJARI–Siswa berprestasi itu pasti mendapat dukungan orangtua dalam pengembangan kreativitasnya. Motivasi dari orangtua dan kerjasama dengan berbagai komunitas dan kelompok masyarakat sangat diperlukan guna mendukung kreativitas siswa. Karena itu juga akan berdampak pada kemajuan sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya.

Pentingnya memberi ruang dan mengapresiasi kreativitas siswa menjadi benang merah dalam kegiatan Inhouse Training Tentang Sinergitas Guru, Komite Sekolah dan Orangtua Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di UPT SPF SD Negeri Rappocini. Inhouse Training ini diadakan di Kampus Universitas Indonesia Timur (UIT), Jalan Rappocini, Makassar, Sabtu, 18 September 2023.

Kepala UPT SPF SD Negeri Rappocini, Juli Astutik, S.Pd, M.Pd memuji partisipasi orangtua siswa di sekolahnya. Katanya, sekolahnya bisa mendapat BOS Kinerja, tu karena kontribusi orangtua juga. Bantuan dan dukungan orangtua itu juga sangat berarti ketika sekolah mengembangkan berbagai program inovasi.

Baca Juga

Juli Astutik menjelaskan, SD Negeri Rappocini, yang beralamat di Jalan Cilallang Jaya, tengah mengembangkan beberapa program inovasi. Yaitu, GESIT TA’ (Gerak Cepat Selalu Inovatif Keluarga Kita), Halte Literasi, Markisata’ (Mariki Sedekah Sampahta), dan S3 (Seribuku, Seribumu, Seribu Kita Semua).

Ketua Komite SD Negeri Rappocini, H Asiz Undjung, menekankan juga pentingnya motivasi dari orangtua bagi anak-anaknya. Bahkan, menurutnya, motivasi pertama seorang anak itu justru dari kedua orangtuanya. Disampaikan, orangtua jangan mengeluh soal pembelajaran anaknya. Namun perlu berkomunikasi dan berkoordinasi kalau ada yang mau disampaikan ke guru kelas demi kemajuan pendidikan anaknya.

Baca Juga :   DKP Makassar Berdayakan 1.069 KWT Tersebar di Lorong Wisata

Rusdin Tompo, pegiat Sekolah Ramah Anak, yang diundang sebagai narasumber, bercerita seputar pengalamannya menggeluti dunia kreatif sejak kanak-kanak. Penulis buku yang merupakan Koordinator Satupena Provinsi Sulawesi Selatan itu, megungkapkan pentingnya atensi dari orangtua, supaya tidak menyia-nyiakan minat dan bakat anaknya.

Rusdin Tompo menambahkan, siswa berprestasi itu tak hanya dalam bidang akademik. Bisa juga dalam bidang seni, olahraga, atau bidang-bidang lain yang dia suka lakukan. Karena itu, sarannya, orangtua perlu tahu potensi anaknya. Orangtua juga diminta memfasilitasi anak sesuai potensinya itu.

Tak kalah pentingnya, adalah memberi motivasi dan dampingi anak sebagai bentuk perhatian. Juga beri semangat dan apresiasi pada karya yang dibuat. Dia mencontohkan, bagaimana dukungan yang diberikan orangtua Salma Salsabil, yang menang Indonesian Idol 2023, dan orangtua Putri Ariani, yang jadi finalis America’s Got Talent (AGT) 2023.

dibaca : 24

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Makassar


Populer Minggu ini

Arsip

To Top